Soal Tata Kelola Hutan dan Perizinan, Firdaus akan Kedepankan RTRW dan Pemberdayaan Masyarakat

Sabtu,23 Juni 2018 | 11:12:34 WIB
Soal Tata Kelola Hutan dan Perizinan, Firdaus akan Kedepankan RTRW dan Pemberdayaan Masyarakat
Ket Foto :

SIAK HULU (RIAUSKY.COM) - Calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau DR Firdaus-Rusli Effendi mengungkapkan keinginannya untuk bisa memanfaatkan potensi kehutanan yang ada di Provinsi Riau sebesar-besarnya memajukan kepentingan masyarakat. 

Hanya saja, dia mengungkapkan upaya tersebut tetap akan mempertimbangkan  aspek hukum dari pemanfaatan kawasan hutan yang ada yang sudah ditetapkan pemerintah melalui Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

''Ya, kita akan tunduk pada ketentuan dalam RTRW yang sudah ditetapkan. Dari sana kita bisa memetakan potensi kawasan hutan dan wilayah mana yang bisa dikembangkan untuk dikelola baik untuk kepentingan masyarakat maupun industri,'' ungkap DR Firdaus saat menjawab pertanyaaan perihal sikap dan komitmennya dalam pengelolaan kawasan hutan dan keterkaitannya dengan perizinan.

Firdaus juga mengungkapkan, aspek kelestarian lingkungan dan ekosistem juga tetap harus diperhatikan. ''Kita tidak bisa membuat kebijakan yang tidak mengacu pada tata ruang yang sudah ada. Karena itulah, langkah awal yang kita lakukan ketika terpilih nanti adalah berkoordinasi dan bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Reformasi Agraria,'' ungkap Firdaus.

Dari tata ruang yang sudah ada itu nantinya akan dilakukan penataan, evaluasi terhadap pemanfaatan hutan dan lahan yang sudah ada dan mana yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat  sesuai dengan fungsi sosial kawasan hutan yang ada.

''Kita berharap masyarakat juga bisa mendapat menfaat dari pengelolaan kawasan hutan baik yang bersifat peran serta masyarakat langsung dalam usaha-usaha kehutanan maupun bersama masyarakat industri kehutanan yang juga menyerap banyak lapangan pekerjaan. Polanya tetap harus ada sinergi tanpa melanggar tata batas dan pengelolaan kawasan,'' imbuh dia.

Karena itulah, begitu terpilih, pihaknya akan langsung bersinergi dengan KLHK dan Kementerian Agraria. 

Sementara itu, atas jawaban Firdaus, Paslon Gubernur nomor Urut 4 pun secara terbuka menyampaikan dukungannya kepada Firdaus dalam tata kelola sektor kehutanan.

''Alhamdulillah, kami selaku pemerintah yang lebih dahulu sudah menyelesaikan permasalahan RTRW dan sudah ada KLHS sebagai panduan pemanfaatan kawasan hutan dan lahan yang ada di Riau. Mudah-mudahan, nanti, apa yang telah dihasilkan ini juga bisa dijadikan landasan berpijak untuk pengelolaan hutan dan perizinan industri di Riau,'' ungkap Arsyadjuliandi Rachman saat didapuk memberikan pertanyaan kepada Firdaus. 

''Saya tak akan bertanya pada Pak Firdaus, saya hanya menitipkan itu saja  Bahwa RTRW yang ada bisa dijadikan panduan untuk mengambil kebijakan ke depannya oleh pemerintah Provinsi Riau ke depannya,'' imbuh Andi. (*)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#PILGUBRI 2018 Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS