Penuh Penuh Makna dan Berkah, Sekda Sebut Tradisi Ziarah Kubur di Kampar akan Terus Dipertahankan

Penuh Penuh Makna dan Berkah, Sekda Sebut Tradisi Ziarah Kubur di Kampar akan Terus Dipertahankan

BANGKINANG (RIAUSKY.COM) - Ziarah Kubur yang bertepatan pada 9 Syawal 1939 Hijriyah merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Bangkinang setiap tahunnya, Kegiatan ziarah kubur yang penuh makna dan berkah  ini akan terus dipelihara karena mengandung banyak nilai positif di tengah-tengah masyarakat.

Begitu dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Drs.H.Yusri, M.Si saat membuka kegiatan ziarah kubur yang dilaksanakan di Desa Binuong , Kecamatan Bangkinang, Sabtu (23/6) yang juga dihadiri oleh Letkol. Inf. Benni Setyanto.

Ditambahkan Yusri, banyak makna yang terkandung jika kita ikut melaksanakan ziarah kubur ini , diantaranya terjalinnya Silaturrahmi dengan masyarakat dan kita juga bisa memanjatkan doa bagi arwah para saudara semasa muslim yang telah mendahului kita.

“Ziarah Kubur dilakukan oleh seluruh Masyarakat Kecamatan Bangkinang dengan berjalan kaki menyusuri titik-titik pemakaman yang sudah ditentukan, saat itulah kita bisa bertemu dengan seluruh masyarakat dan memanfaatkan untuk menjalin silaturrahmi dan bercengkrama antara satu dengan yang lain, setelah melakukan ziarah, masyarakat langsung melakukan makan siang bersama ditempat-tempat  yang telah ditentukan,” jelasnya.

Yusri juga menambahkan,  ziarah kubur ini merupakan tradisi warisan nenek moyang kita, jadi tanpa di undang seluruh masyarakat baik yang dekat maupun yang jauh akan datang untuk mengikuti kegiatan ini.

“Sebulan sebelum pelaksanaan ziarah kubur ini, seluruh masyarakat bergotongan-royong untuk membersihkan seluruh pemakaman yang ada di sekitaran Kecamatan Bangkinang, sehingga pada pelaksanaan ziarah kubur, semua kuburan sudah bersih sehingga masyarakat nyaman untuk melakukan kegiatan ziarah,”.

Kegiatan ziarah kubur ini akan dijadikan agenda tahunan bagi masyarakat Kecamatan Bangkinang, untuk itu pelaksanananya kedepan akan kita kelola dengan baik agar makna dan nilai yang terkandung didalamnya tetap terpelihara dengan baik. (R10/Mcr)

Listrik Indonesia

#Kampar

Index

Berita Lainnya

Index