500 Anak di Rohil Ikuti Sunnatan Massal Sempurna Bakti Sosial Bakar Tongkang

500 Anak di Rohil Ikuti Sunnatan Massal Sempurna Bakti Sosial Bakar Tongkang

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 500 anak yang berasal dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau mengikuti sunat massal bakti sosial event Bakar Tongkang 2018.

Ketua Panitia Peyelenggara, Siswaja Muljadi di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Sabtu mengatakan, bakti sosial sunat massal kepada 500 anak, sekaligus pemeriksaan kesehatan gigi dan THT gratis 500 pasien tersebut dilaksanakan 23-24 Juni 2018 di Sekolah Setia Budi, Bagansiapiapi.

"Target kita memang 500 anak disunat massal dan 500 pengobatan gratis, tapi semua kembali kepada masyarakat. Artinya, kalau masyarakatnya memang bisa mencerna informasi dengan baik silahkan datang. Lebih dari itu pun kita akan layani sepanjang waktunya masih ada," kata Siswaja seperti dilansir AntaraRiau.com.

Ia mengatakan, bakti sosial yang diselenggarakan Lions Club Baganbatu Bintang Mulia, Lions Club Medan Fortune, dan Pusat Pelayanan Masyarakat Lion Indonesia (PPMLI) tersebut bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Rohil, Pemda Rohil, RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi dan Puskesmas Rohil.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Prima Pekanbaru dan mendatangkan 64 personel, mulai dari dokter, perawat, medis dan apoteker.

"Ada tiga dokter spesialis, satu diantaranya memang tidak bisa hadir karena sakit, kemudian empat dokter umum. Kita juga dibantu oleh empat orang dokter dari RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi. Jadi, seluruh tim ini betul-betul memang sangat serius dan antusias melayani masyarakat kita," ujar Aseng, begitu ia disapa.

Aseng mengaku bahwa pihaknya sebelum bakti sosial dimulai sudah menginformasikan kepada seluruh masyarakat Rohil. Menurut dia siapa saja boleh datang dan mengikuti kegiatan tersebut.

Ia pun menilai sangat sia-sia bila momen seperti itu tidak dimanfaatkan oleh masyarakat. Karena menurutnya mendatangkan mereka memang boleh dikatakan membutuhkan biaya yang besar.

"Maka caranya kita manfaatkan agar mereka datang kunjungi acara ini dan silahkan konsultasi dengan dokternya. Kalau ada keperluan dengan dokter-dokter disini, silahkan. Seperti pemeriksaan THT, THT kita memang tidak punya spesialis di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi, kita datangkan yang ada. Untuk gigi memang ada dan kita tambahkan, ada dua dokter gigi yang kita bawa," sebut Aseng, yang juga Anggota DPRD Riau itu.

Selain bakti sosial sunat massal dan pemeriksaan kesehatan, pihaknya juga menggelar operasi katarak gratis 200 mata yang dilaksanakan pada 1-3 Juli 2018 di RSUD DR Pratomo Bagansiapiapi.

"Tim medis kita yang menangani katarak sudah mendatangi sekitar delapan Puskesmas. Hingga Jumat (22/6) kemarin sudah 100 pasien yang terdata katarak," demikian Siswaja Muljadi.

Turut hadir dalam kegiatan itu Pelaksana Tugas Bupati Rohil Jamiludin, Sekretaris Daerah Rohil Surya Arfan, Kepala Kejari Rohil Gaos Wicaksono, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Rohil Suratmin, dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah setempat. (R15)

Listrik Indonesia

#Rokan Hilir Bagansiapiapi

Index

Berita Lainnya

Index