Perkantoran Tenayan Raya Jadi Kado Istimewa di Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-234 Tahun

Senin,25 Juni 2018 | 18:50:26 WIB
Perkantoran Tenayan Raya Jadi Kado Istimewa di Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-234 Tahun
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY,COM) - Pada tanggal 23 Juni 2018 lalu, Kota Pekanbaru genap berumur 234 tahun, umur yang terbilang cukup untuk terus berkembang dan menata dirinya untuk menjadi salah satu kota besar di Sumatera dan dan Tanah Air tentunya, berbagai perubahan telah menghiasi wajah kota ini dari tahun ke tahun.

Hal itu pula yang tercermin dari sambutan yang disampaikan Plt Wali Kota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi  saat menghadiri sidang paripurna istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-234 yang digelar di gedung DPRD Pekanbaru, Sabtu (23/6) kemarin.

Berbagai harapan dan cita-cita Kota Pekanbaru kedepan disampaikannya untuk menjadikan kota ini menjadi lebih maju dimasa depan. Bertambahnya usai kota, maka diharapkan juga pemerintah dan masyarakat mampu menjalin sinergisitas yang lebih erat, untuk mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Seperti diketahui, dalam RPJMD itu, Pekanbaru memiliki visi dan misi untuk mewujudkan diri sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat pendidikan, dan pusat kebudayaan Melayu, yaitu smart city madani.

"Saya mengucapkan tahniah kepada Kota Pekanbaru, dalam suasana ini, mari masyarakat dan pemerintah untuk bersinergi membangun, mewujudkan RPJMD kita. Sebagaimana RPJMD kita adalah untuk menjadikan Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat pendidikan, pusat budaya melayu, menuju masyarakat yang sejahtera dengan landasan iman dan taqwa," ujarnya.


Ditambahkannya, ASN merupakan pilar yang penting, sehingga harus benar-benar menjadi pelayan masyarakat sebagaimana fungsi dan tugasnya. Kemudian, masyarakat pun harus cerdas dan memiliki perhatian yang tinggi untuk membangun kotanya menjadi lebih sejahtera.

"Tentunya ada beberapa pilar, salah satunya adalah ASN dimana saya ajak untuk benar-benar menjadi pelayan bagi masyarakat, dan masyarakatnya yang cerdas. Insya Allah kita akan terus berkembang dengan smart city (menjadi kota yang cerdas). Jika kita menjadi kota yang aman, tertib, dan bersih, maka investor akan tertarik menanamkan modalnya disini," paparnya.

Diakuinya, pembangunan yang dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Firdaus MT-Ayat Cahyadi selama ini, lebih baik dari sebelumnya. Keberhasilan itu dapat dilihat dari semua bidang. 

Mulai dari infrastruktur jalan, gedung Perkantoran Tenayan Raya, kemajuan pendidikan di bidang pembangunan sekolah Madani dan SMK Teknologi, penambahan ruang kelas, serta bidang kesehatan pembangunan RSUD Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti Panam.

"Mari sama-sama kita majukan kota ini dengan dukungan semua pihak. Pemko siap menerima saran dan masukan, yang sifatnya membangun," kata Ayat.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru DR Firdaus ST MT yang telah kembali dari cuti kampanye menjadi Inspektur upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-234 yang digelar di Komplek Perkantoran Tenayan Raya.

Dalam peringatan yang spesial kali ini dihadiri elemen masyarakat mulai dari Forkompinda, Ketua LPM Pekanbaru, Kepala Kesbangpol Provinsi Riau yang mewakili Gubernur Riau, ASN Pemko Pekanbaru dan Ormas - Ormas yang ada di Pekanbaru. 

"Alhamdulillah begitu banyak lapisan masyarakat yang hadir dalam upacara kali ini. Upacara juga berjalan lancar, ini awal yang baik untuk kita kedepannya," ujar Dr Firdaus MT.

Wako mengatakan komplek Perkantoran Tenayan Raya merupakan Kado dari jajaran Pemko Pekanbaru untuk melakukan pelayanan masyarakat. "Nantinya pelayanan kepada masyarakat lebih efektif. Karena semua pusat perizinan akan berpusat di Mall Pelayanan Publik di Kantor Sudirman. InsyaAllah 2019 Komplek Perkantoran Tenayan Raya maupun Mall Pelayanan Publik akan beroperasi efektif," katanya.

Diakui Wako, memang beroperasinya Komplek Perkantoran Tenayan Raya molor dari jadwal. Hal ini karena permasalahan Teknis saja. "Tahun ini lima gedung lainnya akan dikerjakan karena sudah dianggarkan. Insya Allah 2019 akan efektif dioperasikan," tambahnya.

Ditambahkan oleh Wakil Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si, bahwa rencana pemindahan kantor Wali Kota yang baru di Tenayan Raya adalah sebuah perluasan. Dengan kata lain , tidak bisa diartikan pemindahan tersebut sepenuhnya ditujukan bagi seluruh pejabat yang berada di kantor Wali Kota di Jalan Jenderal Sudirman.

Plt Wali Kota menjelaskan bahwa dirinya bersama Sekda dan para Asisten di Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru akan tetap berkantor di Kantor Wali Kota yang lama yang berada di Jalan Jenderal Sudirman.

"Bukan pindah, tapi perluasan perkantoran. Nanti kantor itu ada dua, disini (kantor Jalan Sudirman) tetap, ruangan Wali Kota, Sekda, Asisten, masih tetap disini. Maka saya ralat, bukan pindah tapi perluasan kantor," ungkapnya.

Dikatakan Ayat, rencana pemindahan kantor ke Tenayan Raya akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama, kantor Tenayan Raya akan diisi hanyalah ruangan di gedung utama.

"Disana kan ada beberapa gedung, tapi pertama yang kita pakai adalah gedung utama. Jadi ada dua, di sini (kantor Jalan Sudirman) juga ada, di Tenayan juga ada. Tapi untuk Wali Kota dan Sekda serta para Asisten saat ini tetap berkantor di kantor Jalan Jenderal Sudirman," tambahnya. 

Guna memudahkan transportasi bagi para pegawai nantinya, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mengerahkan sebanyak 4 unit bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) Pekanbaru  saat peresmian Kantor Walikota Pekanbaru di Tenayan Raya.

Sementara 4 unit bus ini disediakan untuk mengangkut pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru ke komplek perkantoran Walikota Pekanbaru yang baru di Kecamatan  Tenayan Raya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Kendi Harahap, mengatakann 4 unit bus tersebut melewati beberapa jalan sebelum akhirnya tiba di Kantor Walikota Pekanbaru yang baru di Tenayan Raya. "Bus yang kita operasikan ini seluruhnya adalah bus TMP yang berukuran sedang," ujar Kendi.

Gelar Jalan Santai Berhadiah Fantastis
Selanjutnya, guna memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-234, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menyelenggarakan kegiatan gerak jalan santai berhadiah bagi masyarakat, Minggu (24/6/2018).

Gerak jalan santai ini dipusatkan di lokasi Car Free Day (CFD) yang baru, tepatnya di Jalan Cut Nyak Dien yang dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai dengan selesai.

Adapun hadiah yang ditawarkan dinilai sangat begitu fantastis. Bagaimana tidak, hadiah menarik tersebut antara lain 1 unit rumah type 36, dua paket umroh untuk pria dan wanita, dan 3 unit sepeda motor sebagai hadiah utama.

Apalagi hadiah menarik lainnya yang berjumlah 234 hadiah hiburan, yang disesuaikan dengan angka hari jadi Kota Pekanbaru yang genap sudah berusia 234 tahun.

Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan persatuan diantara masyarakat Pekanbaru terhadap kotanya. Selain itu, maksud dilaksanakan kegiatan ini sekaligus untuk mensosialisasikan dan memperkenalkan bahwa lokasi CFD yang baru sudah pindah dari tempat yang lama ketempat dimana gerak jalan santai ini dilaksanakan. (R05/Advertorial)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Pekanbaru Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS