Waspada, Mulai Meningkat Tajam, Laporan BMKG, Ada 80 Titik Panas di Riau Hari Ini

Waspada, Mulai Meningkat Tajam, Laporan BMKG, Ada 80 Titik Panas di Riau Hari Ini
KOndisi kebakaran lahan. Foto: internet

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Seiring dengan perubahan temperatur udara yang ekstrim saat ini, masyarakat Riau diminta lebih waspada dengan kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Data terakhir yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, setidaknya, 80 titik panas ditemukan muncul di wilayah Riau.

Dari rilis yang diterima, sebaran titik panas terdapat di beberapa kabupaten dan kota di Riau. Masing-masing 42 titik di Rokan Hilir, 16 Titik di kota Dumai, 10 Titik di Bengkalis, 5 Titik di Pelalawan, 4 titik di Siak, 2 titik di Rokan Hulu dan 1 titik di Kepulauan Meranti. 

Titik panas tersebut berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan level convidence >70 persen  pada 66 titik dengan sebaran 37 titik di Rokan Hilir, 15 titik di Dumai, 5 titik di Bengkalis, 4 titik di Siak, 2 titik di Pelalawan, 2 titik di Rokan Hulu dan 1 titik di Kepualauan Meranti. 

Potensi kebakaran hutan dan lahan pada bulan Juli 2018 hingga Agustus ini sudah diprediksi banyak pihak berkaitan dengan perubahan temperatur udara.

Tak hanya di Riau, pantauan  satelit Terra Aqua, total titik panas juga meningkat di beberapa wilayah di Sumatera  dengan jumlah mencapai 159 titik dengan estimasi Riau masih tertinggi dengan 80 titik panas, disusul Sumut 21 titik, Sumbar 18 titik, Jambi 10 titik, Bengkulu 8 titik.

Peningkatan jumlah titik panas hari ini  menunjukkan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sehari sebelumnya, sesuai dengan rilis BMKG, setidaknya  ditemukan  50 titik panas di Sumatera dan untuk Provinsi Riau terdeteksi sebanyak 24 titik panas.(R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index