Ini Solusi Air Bersih di Kepulauan Meranti

Ini Solusi Air Bersih di Kepulauan Meranti
SELATPANJANG(RIAUSKY.COM) - Masalah air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti hingga kini tak kunjung tuntas. Untuk itu pada tahun 2016 mendatang Pemkab akan lakukan ujicoba alat yang telah berhasil diterapkan di Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum. 
 
Menurut Pj bupati Kepulauan Meranti, Drs H Edy Kusdarwanto MM alat tersebut bernama The EcoloBlue Atmospheric Water Generator (AWG) yakni alat yang bisa menghasilkan air embun.
 
AWG bisa menghasilkan air bersih hingga 30 sampai 100 liter setiap hari dengan kondisi udara sekitar lingkungan tersebut lembab. "Saya sudah berkonsultasi ke Dirjen Sumber Daya Air Di Kementerian Pekerjaan Umum, untuk mengatasi permasalahan air yang dihadapi masyarakat Meranti.
 
Untuk itu tahun 2016 mendatang alat tersebut sudah bisa diterapkan dan bisa dilanjutkan pengembangannya oleh bupati terpilih," kata Edy. alat ini merupakan solusi yang terbaik untuk mengatasi permasalahan air mengingat daerah Kepulauan Meranti sangat cocok untuk diterapkan alat tersebut.
 
"AWG ini sangat cocok diterapkan disini, karena Fresh water generator (mengubah air laut menjadi air tawar) sudah gagal dilakukan karena kadar garam sangat tinggi, sedangkan sumur bor sudah tidak bisa diperbanyak karena tanah yang bergambut dan intrusi air laut," sebut Edy. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index