Dispas Pekanbaru: 1.350 Pedagang Jadi Korban Kebakaran

Senin,21 Desember 2015 | 13:17:42 WIB
Dispas Pekanbaru: 1.350 Pedagang Jadi Korban Kebakaran
Ket Foto :

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pasar (Dispas) Kota Pekanbaru, mengatakan, jumlah pedagang yang menjadi korban kebakaran plaza Sukaramai, yang terbakar tanggal 8 Desember lalu sebanyak 1.350 pedagang.
    
"Ini data yang melapor ke posko Dispas hingga hari ini," sebut Kadispas, Mahyuddin, Senin (21/12).
  
Mahyuddin menyebutkan data ini masih akan berkemang jika konstruksi bangunan di sekitar lokasi kebakaran dilakukan uji kelayakan oleh tim.
   
"Yang jelas mereka yang terdata adalah pelapor sudah melihat dan memastikan kios dan isinya ludes dilalap api pasca areal plaza selesai dilakukan penyisiran oleh tim forensik," ujar Kadispas.
    
Pedagang ini terang Mahyuddin lebih lanjut rata-rata kiosnya berlokasi dari lantai dasar hingga lantai II yang menjadi tempat sumber api berkobar.
   
Mahyuddin menganalisa kondisi pedagang saat ini terlihat shock karena semua bahan dagangannya yang rata-rata adalah kain dan pakaian jadi ludes dilalap api.
   
Sementara saat ini moment menjelang Natal dan Tahun Baru, merupakan masa yang sangat menguntungkan karena omzet akan meningkat dibandingkan hari biasa. Namun musibah melanda mereka hanya bisa pasrah kepada Tuhan.
    
Diakuinya, memang ada beberapa pedagang yang cepat bangkit dengan mencoba mulai membuka lapak di emperan dan pelataran parkir plaza Sukaramai. Dengan tenda seadanya.
   
"Mereka memang tidak kami izinkan kembali masuk berdagang didalam karena kondisi kios yang belum jelas kekokohan bangunannya," tegas Mahyuddin.
  
Makanya sebut Mahyudin pihaknya dan pengelola pasar kini akan bergerak cepat untuk mencarikan solusi penampungan bagi pedagang korban kebakaran.
   
"Bagi yang tidak muat berdagang di pelataran parkir plaza Sukaramai akan dicarikan alternatif lokasi baru di lahan bekas kantor Dinas Pertanian Provinsi Riau, di Jalan Sudirman," pungkasnya. (R02)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
#Kebakaran Index »
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Hukrim" Index »
IKLAN BARIS