Anggito Abimanyu: Riau Jangan Bertumpu pada Migas

Anggito Abimanyu: Riau Jangan Bertumpu pada Migas
Anggito Abimayu

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pakar ekonomi yang juga Dosen UGM serta Chief Economist Bank BRI Anggito Abimanyu menyarankan agar Riau tak lagi bertumpu pada sektor minyak dan gas (migas) serta perkebunan kelapa sawit.

 
Hal itu diungkapkannya saat diminta menjadi pembicara pada seminar ekonomi pada Pertemuan Tahunan Bank Tndonesia Tahun 2015 Sinergi untuk Pecepatan Transformasi, tantangan pengembangangan dengan mengambil tema Ekonomi Daerah di Tengah Dinamika Perlambatan Ekonomi Global, Selasa (22/12).
 
Menurut Anggito, Riau perlu mencari alternatif lain yang memungkinkan untuk menggerakan roda perekonominnya. "Jadi tidak lagi hanya bisa mengandalkan migas dan perkebunan, kondisinya sudah berbeda sekarang ini," tegasnya.
 
Apalagi katanya Riau merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang mengalami penurunan APBD dan pertumbuhan ekonomi yang negatif. 
 
"Kalau dulu Riau boleh bangga, namun sekarang kondisinya sudah berubah," tambahnya.
 
Untuk itu, ia menyarakan, selain mencari alternatif dalam mendorong sektor ekonomi, Pemprov Riau bersama stake holder harus sudah membuat blue print transformasi ekonomi.
 
"Bisa dengan peningkatan peran APBN dan APBD, memanfaatkan SilPa yang demikian besar atau bekerjsama dengan pihak perbankan untuk mencarikan solusinya," kata Anggito.
 
Di tengah perlambatan ekonomi global, ia masih sangat optimis jika ke depan perekonomian akan bisa membaik dengan catatan, ada upaya perbaikan oleh pemerintah pusat dan daerah. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index