Pasar Saham Ambruk,

Orang Terkaya China Ini kehilangan Rp182 triliun

Orang Terkaya China Ini kehilangan Rp182 triliun

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Kondisi perekonomian China sangat mengkhawatirkan belakangan ini. Perekonomian tumbuh melemah, pasar saham ambruk beberapa kali.

Perdagangan pekan lalu, pasar saham China anjlok 6 persen. Hari berikutnya, Shanghai Composite Index dibuka turun lagi sebesar 2,7 persen ke level 3.646,75. Setelah itu, indeks masih terus turun hingga 5 persen menjelang siang.

Kepala Investasi Pasar Modal dari DBS Bank, Lim Say Boon mengatakan, saat ini banyak faktor negatif yang menumpuk di pasar saham China.

"Minggu lalu saya sudah mengingatkan investor untuk bersiap-siap. Gelombang baru pelemahan pasar saham China segera datang setelah satu pekan terakhir menguat," katanya seperti dikutip merdeka.com dari CNBC di Jakarta, Rabu (19/8).

Kondisi ini berdampak langsung pada harta orang terkaya China. Adalah Wang Jianlin yang kehilangan harta sebesar USD 13 miliar atau sekitar Rp 182 triliun akibat ambruknya pasar saham.

Sejak pasar China memuncak pada Juni lalu, saham perusahaan Wang sudah anjlok di Hong Kong dan Shenzen, mengikis kekayaan pribadinya. Dia kehilangan USD 3,6 miliar hanya di dua sesi perdagangan terakhir. Ini mencapai sepertiga total kerugian musim panas ini.

Dilansir dari CNN Money, saham Wanda Dalian Commercial Properties anjlok 38 persen sejak 12 Juni lalu. Memangkas hampir USD 9 miliar nilai saham Wang. Selanjutnya, saham Wanda Line Cinema juga anjlok 36 persen dan menelan kerugian USD 4,2 miliar. Saham Wanda Hotel Development juga anjlok 49 persen dan menyebabkan kerugian USD 60 juta.

Padahal, Wang baru-baru ini baru menyalip miliuner Hong Kong, Li Ka-Shing yang selama ini menjadi orang terkaya Asia. Demikian menurut laporan lembaga pemeringkat orang kaya Hurun. Laporan memperkirakan kekayaan Wang mencapai 42,6 miliar US dolar.

Sebelum sahamnya jatuh, perusahaan milik Wang sedang melakukan ekspansi besar-besaran.

Wanda Cinema misalnya, memulai debutnya di pasar saham pada tahun lalu. Harga saham terus meroket dan meningkatkan harta kekayaan Wang.

Wang menghabiskan waktu 16 tahun untuk menjadi orang terkaya di China. Dia menjalankan kerajaan bisnis Dalian Wanda Group yang beroperasi di real estate dan hiburan.

Ambisinya sangat besar dalam menjalankan bisnis. Pada 2013, dia menghabiskan USD 1,6 miliar untuk membeli pembuat kapal pesiar mewah di Inggris, Sunseeker. Sunseeker adalah yang membangun kapal untuk film James Bond.

Sebelum itu, Wang juga sudah mengakuisisi perusahaan film Amerika yakni AMC Cinemas sebesar USD 2,6 miliar pada 2012. Dalian Wanda adalah pemilik properti terbesar di China dari segi portofolio. Perusahaan beroperasi dengan membuat pusat perbelanjaan, hotel mewah dan banyak lagi.(R01)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index