Sah...APBD Rohil 2016 Rp2,6 Triliun

Sah...APBD Rohil 2016 Rp2,6 Triliun
pengesahan apbd rohil (internet)
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) -  setelah melakukan pembahasan selama tiga hari akhirnya Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hilir (Rohil) mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 sebesar Rp2,6 triliun. Pengesahan APBD Rohil dilakukan dalam rapat paripurna yang digelar hingga Rabu (23/12/2015) dini hari.
 
"Ini merupakan pembahasan yang terlama karena berlangsung selama 3 hari," kata Ketua DPRD Rohil, Nasruddin Hasan yang bertindak sebagai pimpinan sidang.
 
Ketua Badan Anggaran DPRD, Darwis Syam menyebutkan struktur APBD 2016 terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp 1,04 Triliun, belanja langsung sebesar Rp 1,01 Triliun dan Pembiayaan sebesar Rp 700 miliar.
 
"Pendapatan dan belanja mengalami penurunan sehingga pembiayaan juga menurun," kata  Darwis.
 
Menurut keterangan Darwis, seluruh Fraksi menyatakan setuju APBD 2016 disahkan dengan catatan, pengelolaan anggaran harus tepat waktu dan tepat sasaran.
Kemudian, seluruh fraksi juga meminta agar proyek pekerjaan multi years dikerjakan paling lama 3 tahun. DPRD juga mengharapkan pemerintah mensertifikat aset berupa tanah untuk mencegah alih fungsi lahan. Demikian halnya dengan gaji honor, hendaknya dibayarkan sebulan sekali.
 
Dalam kesempatan itu, Bupati Rohil, Suyatno mengungkapkan APBD 2016 pada dasarnya untuk mewujudkan visi dan misi Bupati yang menitikberatkan pada program prioritas daerah yang selaras dengan program prioritas nasional.
 
Suyatno berjarap  SKPD untuk lebih aktif menjemput anggaran yang bersumber dari APBD provinsi dan pusat. Dia juga meminta kepada daerah untuk tidak bergantung dengan dana bagi hasil minyak dan lebih fokus menggenjot PAD.
 
"Kita mengharapkan anggaran APBD Rohil dipacu penyerapannya sesuai dengan koridor hukum yang berlaku," kata Suyatno di hadapan unsur Forkopimda dan  40 dari 45 anggota DPRD yang hadir. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index