Ini Dia Titik Rawannya

Malam Tahun Baru, Pekanbaru Bakal Macet Total

Malam Tahun Baru, Pekanbaru Bakal Macet Total
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan malam pergantian tahun (tahun baru) di Kota Pekanbaru diperkirakan akan menimbulkan efek kemacetan yang luar biasa. 
 
Berikut beberapa kawasan di dalam Kota Pekanbaru yang diperkirakan akan menjadi titik rawan macet karena menjadi tempat berkumpulnya ratusan ribu warga Kota Bertuah:
 
Jalan Sudirman
Titik kemacetan utama akan terjadi di sekitaran arena Purna MTQ atau Bandar Serai karena di kawasan ini biasanya akan diramaikan dengan aneka kegiatan seperti hiburan rakyat, pagelaran seni dan pesta kembang api.
 
Jalan Sudirman di sekitar Tugu Zapin Kantor Gubernur dan kawasan di sekitar Kantor Wali Kota. Pada umumnya mulai pukul 08.30 sudah mulai dipenuhi oleh warga yang wara-wiri melintas menggunakan sepeda motor dan kendaraan roda empat yang ingin menyaksikan kemeriahan malam pergantian tahun.
 
Jalan Gajah Mada 
Biasanya, pada malam tahun baru akan ada gelaran pesta rakyat yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau atau Pemko Pekanbaru berupa hiburan musik, gelaran seni dan aneka kreativitas warga. Bila ada kegiatan, maka, arus lalu lintas dari dan menuju kawasan ini akan ditutup dan warga hanya bisa berjalan kaki di kawasan ini. 
 
Jalan Diponegoro
Tak hanya pada hari-hari biasa setiap akhir pekan, pada saat malam pergantian tahun, biasanya kawasan ini, tepatnya di sekitaran Gedung Daerah hingga Kampus Persada Bunda akan dipenuhi antrean kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, baik yang sekedar parkir maupun warga yang hendak melintas. Bila tak ingin terjebak macet atau mobil anda tergores, sebaiknya tidak melintasi kawasan ini mulai pukul 22.00 WIB.
 
Jalan HR Soebrantas
Sebagai kawasan padat penduduk yang kini posisinya sudah jauh lebih maju, kemacetan di kawasan HR Soebrantas dipastikan akan terjadi di sepanjang malam pergantian tahun. Apalagi, sejumlah pusat keramaian juga sudah menjamur di kawasan ini. Sebut saja di sekitaran kantor Harian Riau Pos, Pusat Hiburan Koro-Koro juga di sekitaran kampus Universitas Riau tepat di depan Hotel Mona.
 
Banyaknya aktivitas pedagang yang berjualan serta padatnya arus lalu lintas akan bersatu dengan pada para warga di sekitaran Panam yang hendak melihat keramaian di sekitaran kawasan itu maupun di pusat kota.
 
Jalan Riau
Kemacetan di sekitar Jalan Riau akan terjadi di sekitar Mal Ciputra Seraya. Selain karena banyak warga yang hendak berkunjung ke Mal Ciputra itu sendiri, juga karena banyak warga yang hilir mudik menggunakan kendaraan bermotor. 
 
Perempatan Mal SKA
Bila pada tahun-tahun sebelumnya kawasan ini tidak terlalu padat arus lalu lintas, diperkirakan di kawasan di sekitaran perempatan SKA akan menjadi sangat padat. 
 
Selain banyak warga yang akan menghabiskan malam dengan berbelanja di pusat perbelanjaan Mal SKA atau mnginap di hotel-hotel megah di sekitarnya, jalur lalu lintas yang agak lapang ini akan membuat warga menjadikan kawasan ini sebagai jalur alternatif untuk menuju pusat kota.
 
Politeknik Caltex Rumbai
Kawasan di sekitar Politeknik Chevron Rumbai diperkirakan akan menjadi pusat konsentrasi keramaian bagi warga Rumbai dan sekitarnya, karena akan ada banyak aktivitas keramaian yang akan dilakukan baik oleh pedagang maupun kelompok-kelompok pemuda di sekitar kawasan ini.
 
Jembatan Siak III Yos Sudarso
Walau sedikit agak menyeramkan karena kualitasnya yang masih dipertanyakan, namun, jembatan Siak III diperkirakan akan menjadi salah satu sentra keramaian untuk warga di sekitar Yos Sudarso, khususnya untuk kalangan remaja yang punya hobi ngumpul sambil bersantai di atas Sungai Siak.
 
Jalan Kapur
Jalan Kapur yang biasa dikenal sebagai kawasan Pecinan setiap malam pergantian tahun juga senantiasa ramai dengan aneka gelaran keramaian oleh warga yang tinggal di sekitar kawasan itu. Meski tak semacet kawasan lain, namun, di kawasan ini biasanya akan ramai dengan aneka bunyi petasan dan kembang api.(R04) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index