1.030 JCH Bisa Berangkat

Seluruh Visa Haji Sudah Diterbitkan

Seluruh Visa Haji Sudah Diterbitkan
suasana haji di Makkah. Foto internet

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)-Kementerian Agama Kota (Kemenag) Kota Pekanbaru memastikan visa 1.030 Jemaah Calon Haji asal wilayah itu sudah tuntas diterbitkan. Sehingga tak ada permasalahan lagi untuk JCH untuk berangkat menjalankan rukun Islam yang kelima.

"Untuk visa CJH Pekanbaru tuntas semuanya tidak ada masalah tinggal membagikan saja," ungkap Edwar S Umar selaku Kepala Kemenag Pekanbaru, Rabu (26/08/2015).

Awalnya Edwar mengakui Kemenag sempat di buat kelabakan dalam pengurusan. Pasalnya perubahan proses pendataan yang mendadak oleh pemerintah Arab Saudi. Karena jumlah CJH asal Indonesia yang banyak mencapai 166.800 orang sehingga butuh waktu.

Menurut Edwar, dalam sistem elektronik haji internasional tersebut, harus dientri data setiap CJH. Mulai dari nama, negara, provinsi, kabupaten, kecamatan, kloter, pemondokan, lantai, kamar, dan nomor kamar. "Ini butuh proses karena harus memasukkan satu per satu," katanya.

Apalagi jeda waktu yang diberikan mendadak menjelang keberangkatan kloter pertama Agustus ini.

Namun demikian ia mensyukuri, untuk CJH yang berasal dari Kota Pekanbaru, hingga kini sudah semua memiliki visa.(R03/hms)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index