Kata BLH, Ini Loh Alasannya Mengapa Pekanbaru Tak Dapat Adipura

Kata BLH, Ini Loh Alasannya Mengapa Pekanbaru Tak Dapat Adipura
Wali Kota pekanbaru Firdaus ST MT saat meninjau TPA Muara Fajar.
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) -  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya dalam rilisnya menjelaskan, penilaian nasional Adipura selama empat tahun terakhir mengalami kenaikan dari 63,31 menjadi 67,51. Kenaikan sebesar 6,63% ini merupakan indikasi kenaikan kualitas lingkungan hidup perkotaan secara nasional.
 
Hal ini berpengaruh besar terhadap indikator penilaian untuk Kota Pekanbaru yang ingin terus mempertahankan Adipura Kencana pada tahun lalu. Pasalnya secara kumulatif indikator, rata–rata  nilai kota Pekanbaru memenuhi standar tersebut. Demikian disampaikan Zulfikri selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kepada www.riausky.com, pada Jum’at (01/01/2015)
 
Lantas apa persoalannya Pekanbaru tak mendapatkan penghargaan Adipura Kencana tahun ini, untuk ini www.riausky.com mencoba menelisik lebih lanjut.
 
Terdapat pengetatan kriteria dalam rangka mendorong pemenuhan ketentuan Undang-Undang Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, yaitu menggunakan kriteria TPA yang operasionalnya minimal Controlled Landfill (lahan urug terkontrol).
 
Hal ini diindikasikan dengan Nilai TPA ≥ 74 untuk kategori kota Kecil dan Sedang serta Nilai TPA ≥ 72 untuk kategori kota Besar dan Metropolitan.
Jadi jika ada suatu kota memiliki Nilai Adipura ≥ 75 namun nilai TPA-nya tidak memenuhi kriteria di atas maka kota tersebut tidak akan diberikan penghargaan Adipura.
 
Zulfikri mengatakan sebenarnya secara rata –rata kota Pekanbaru memenuhi penilaian untuk Adipura Kencana. Namun untuk penilaian kriteria TPA kota Pekanbaru hanya memiliki nilai 71 sehingga penghargaan Adipura Kencana gagal berlabuh di kota Bertuah ini.
 
“Banyak Kabupaten/Kota yang kecewa pada penilaian KLH pada tahun ini, bukan hanya Pekanbaru saja. Hal ini karena kenaikan standar penilaian yang didesak oleh salah satu LSM,”ujarnya berkilah.
 
Tahun ini hanya tiga kota saja yang meraih predikat Adipura Kencana yakni Surabaya, Balikpapan dan Kendari. Sementara untuk peraih Anugerah Adipura hanya 69 Kota/Kabupaten.
 
Zulfikripun mengakui Pekanabru sangat kecewa dengan perubahan yang signifikan dari kebijakan KLH ini. Namun kedepan ia yakin seluruh unsur yang ada di kota Pekanbaru akan berusaha memenuhi penilaian standar dari KLH ini. (R05) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index