BI: Redenominasi Rupiah Masih Sebatas Wacana

BI: Redenominasi Rupiah Masih Sebatas Wacana

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Rencana pemerintah untuk melakukan redenominasi (pengurangan angka nol di belakang nominal,red) rupiah, sampai tahun 2016 ini masih akan belum terlaksana. Pasalnya, pemerintah dan juga Bank Indonesia (BI) masih terus mencari moment yang pas.

 
Ismet Inono, Kepala Perwakilan BI Riau mengatakan, meski wacana redenominasi rupiah ini telah lama didengungkan, namun sampai saat ini baik pemerintah maupun pihak BI merasa belum menemukan moment yang sesuai dengan keadaan.
 
"Melihat kurs rupiah terhadap berbagai mata uang luar masih belum stabil, rencana untuk redenominasi ini seprtinya harus dipendam dulu. Karena kami menilai, lebih penting untuk berada di posisi yang stabil daripada melanjutkan wacana ini," jelas Ismet, Sabtu (2/1).
 
Ismet juga mengatakan, pentingnya redenominasi rupiah adalah, untuk membuat mata uang Indonesia menjadi lebih pede di penjuru dunia.
 
"Wacana ini juga tidak bisa dilakukan secara cepat dan mendadak, karena itu semua butuh kesepakatan nasional," jelas Ismet lagi.
 
Lebih jauh, Ismet mengatakan, Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia juga harus ditingkatkan, dan sosialisasi wacana redenominasi rupiah harus sepenuhnya dimengeti.
 
"Kalau secara tiba-tiba diterapkan, bisa timbul kisruh di masyarakat yang tidak mengerti wacana ini. Secara pribadi, saya belum bisa memastikan kapan redenominasi rupiah ini akan diperlakukan," pungkasnya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index