Siap-Siap, Dana Publikasi di Media Dipangkas Hingga Rp 8 Miliar

Siap-Siap, Dana Publikasi di Media Dipangkas Hingga Rp 8 Miliar
ilustrasi internet
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Persoalan pemangkasan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Riau Tahun 2016, tak hanya berhenti di permasalahan dana makan minum Gubernur dan Wakil Gubernur yang terlalu besar. Bahkan, rencananya anggaran untuk publikasi di Hubungan Masyarakat (Humas) sendiri juga bakal dipangkas sebesar Rp8 Miliar.
 
Anggaran untuk kegiatan Humas pada tahun 2016 mencapai Rp25,7 Miliar. Dari anggaran tersebut, Rp8 Miliar akan dikurangi untuk rasionalisasi.
 
Darusman, Kepala Biro Humas berpendapat, anggaran yang telah ditetapkan harus dikurangi secara signifikan, mengingat penyediaan anggaran tersebut dinilai terlalu besar dan mengandung pemborosan anggaran.
 
"Untuk itu penyediaan anggaran tersebut, harus dirasionalkan dengan jumlah alokasi anggarannya, dan dalam pelaksanaannya juga harus memperhatikan aspek efektifitas, efisien, kewajaran, kepatutan,dan penghematan, sesuai dengan Surat edaran Menpan tahun 2014," ujar Darusman', Rabu (6/1).
 
Berikut hasil verifikasi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Belanja dalam kegiatan publikasi media cetak dan baliho spanduk, dari Rp 2,1 M dikurangi menjadi Rp 1,8 M. Kemudian kegiatan publikasi advertorial atau Iklan dari Rp 3,1 M akan menjadi Rp 1,8 M, kegiatan publikasi galeri foto dari Rp 3,6 M menjadi Rp 1,8 M, selanjutnya kegiatan publikasi elektronik, dari Rp 7,8 M menjadi Rp 4,8 M saja.
 
Secara keseluruhan, Rp 8 Miliar akan dikembalikan anggaran di Humas. "Hasil pengurangan dan rasionalisasi harus dialihkan untuk mendanai program dan kegiatan prioritas, sesuai dengan kewenangan Pemprov Riau," jelas Darusman. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index