MKPT Perdana, Dana UEK SP Berkah Ilahi Berkembang Hingga Miliran Rupiah

MKPT Perdana, Dana UEK SP Berkah Ilahi Berkembang Hingga Miliran Rupiah

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Seperti biasa dimana setiap Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) akan mengadakan musyawarah kelurahan pertanggungjawaban tahunan (MKPT).

 
Untuk tahun 2016 ini, MKPT UEK SP Berkah Ilahi Kelurahan Tengkerang Selatan, Bukit Raya, Pekanbaru, perdana untuk tahun ini dilaksanakan se Kota Pekanbaru dilaksanakan Rabu (6/1).
 
Dalam MKPT yang dihadiri Camat Bukit Raya Nurhasminsyah yang diwakili oleh Sekcam Dina Sepnita, Lurah Muhammad Nasir, Seklur Rein Rizka Karvy, BPPMKB Kabid UEM Robert Panjaitan, Korda Taruna Yazid, Pendamping Kelurahan Zulfan Arifzam, dan seluruh pemanfaat UEK SP.
 
Dengan modal awal pada tahun 2008 senilai Rp500 juta, kini dalam MKPT tahun 2016 untuk pertanggungjawaban perguliran dana tahun 2015 mencapai Rp4.723.500.000 dengan tingkat pengembalian mencapai 98 persen saat ini memiliki 572 pemanfaat masih berupa UEK.
 
sementara untuk Simpan Pinjam (SP) mencapai 123.000.000 dengan 76 pemanfaat.
 
Laba untuk UEK tahun 2015 mencapai Rp44.859.645 sementara untuk SP mencapai Rp3.750.520.
 
Dari perguliran yang terjadi tentunya besar harapan yang diberikan kepada UEK SP Berkah Ilahi. Hal ini disampaikan oleh sekcam Bukit Raya.
 
"Tingginya tingkat pengembalian ini tentunya ada kerjasama antara pengelola UEK SP dengan pemanfaat sehingga perguliran terus terjadi. Kedepannya keberadaan UEK SP Berkah Ilahi bisa menjadi salah satu penyokong modal bagi pelaku usaha yang ada di kelurahan," Ungkap Sekcam Dina Sepnita kepada riausky.com.
 
Sementara Lurah Muhammad Nasir selaku otoritas UEK SP mengatakan keberadaan UEK SP Berkah Ilahi ini begitu sangat dirasakan oleh masyarakat, untuk itu kedepannya seluruh masyarakat bisa memanfaatkan keberadaannya untuk peminjaman modal usaha.
 
Sementara ketua UEK SP Berkah Ilahi Faadillah Bakrie kepada menyampaikan harapannya agar tidak ada lagi tunggakan dari pemanfaat sehingga perguliran semakin lancar, pemanfaat melakukan pembayaran tepat waktu.
 
"Kami juga berharap bisa kembali mengikuti perlombaan UEK SP dan bisa menunjukkan keunggulan kami melalui inovasi baru yang kami lakukan untuk mengurangi tunggakan," ungkapnya.
 
Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian Sisa hasil usaha (SHU/laba) karena selain untuk cadangan modal SHU juga diberikan untuk bonus pelaku dan doorprize untuk pemanfaat. Jadi sistemnya dari masyarakat untuk masyarakat. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index