Bahan Baku Cukup, Rohil Bakal Bangun Industri Pengalengan Ikan

Bahan Baku Cukup, Rohil Bakal Bangun Industri Pengalengan Ikan

 

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Terobosan baru terus dilakukan oleh Pemkab Rokan Hilir dalam mengoptimlakan pengolahan hasil lautnya yang begitu melimpah.
 
Rencananya, Pemkab Rohil akan membangun indudtri pengalengan ikan di wilayah pesisir Rohil. Rencanan ini didukung dengan adanya bahan baku yang mencukupi.
 
"Ada tiga kecamatan di Rokan Hilir yang memiliki potensi sebagai industri pengalengan ikan," ujar Plt Sekdakab Rohil, H Surya Arfan, Kamis (7/1).
 
Untuk memuluskan langkah tersebut, ia meminta Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) melakukan pembinaan sehingga hal ini bisa terwujud dan diyakini akan menambah penghasilan masyarakat nelayan.
 
Ditambahkannya, pada tahap awal ini Pemkab akan melakukan pembinaan dan membuat semacam industri rumah tangga seperti keripik udang, ikan dan kerang.  Jika sudah cukup sumber daya manusianya barulah dicarikan investor untuk membuat pabriknya.
 
Ia mneilai kalau selama ini nelayan hanya terfokus dalam mencari dan menjual ikan, kerang segar tanpa terfikirkan peluang disamping itu.
 
"Kerang di Sei Daun, Kecamatan Palika memang dilakukan Pembudidayaan bahkan setiap 4 bulan sudah bisa panen. Kita sudah sering dengar dan tahu ada pengalengan Ikan, nah yang belum itu pengelengan Kerang dan kita mempunyai potensi yang besar didukung bahan baku yang mencukupi," paparnya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index