Perempuan Muda Dominasi Kematian Ibu Hamil di Riau

Perempuan Muda Dominasi Kematian Ibu Hamil di Riau
Ilustrasi Wanita Hamil
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Saat ini angka kematian maternal atau kematian ibu hamil di Provinsi Riau mencapai 17 persen. Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Riau, angka kematian ini berasal dari perempuan yang melahirkan dalam usia muda. 
 
Kasus kematian meternal di Riau sama secara nasional yang setiap tahun adalah merupakan Kelahiran Tidak Dikehendaki (KTD).
 
"Kasus ini terjadi antara lain lebih akibat banyak ibu muda belum memahami apa yang seharusnya mereka lakukan pascapersalinan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Andra Sjafril, Jumat (28/8) lalu.
 
Selain kurangnya pemahaman, katanya, kasus ini terjadi antara lain adalah kurangnya upaya tenaga kesehatan dalam mendorong klien untuk ber-KB pascapersalinan atau menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang.Kendala lain dalam menekan angka kematian maternal lebih akibat kurangnya tenaga kesehatan.
 
"Padahal jika ditinjau dari faktor penyebab kematian maternal tersebut, 70 persen masih bisa diselamatkan antara lain dengan menggunakan kontrasepsi itu," katanya.
 
Ia menilai diperlukan persiapan terhadap keadaan darurat obstetri yang tidak terduga bagi setiap ibu hamil muda. Namun demikian, katanya, diharapkan bantuan APBD dari kabupaten dan kota se-Riau, khususnya dalam menekan kasus kematian maternal tersebut. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index