Beroperasi, PLTMG Rawa Minyak Siap Terangi Riau

Beroperasi, PLTMG Rawa Minyak Siap Terangi Riau
PLTMG Rawa Minyak

 

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - PT PLN (Persero) berhasil menyelesaikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) sebesar 25 Megawatt (MW) di Riau, setelah sebelumnya dilakukan sejumlah test termasuk uji coba aliran sistem.
 
Dengan masuknya PLTMG 25 MW dalam sistem kelistrikan Riau, diharapkan akan menambah rasio elektrifikasi yang ada dan menambah kekuatan dalam sistem 20 kV Siak, Sei Apit, Dayun, Gasip, Pakning, dan Mengkikip.
 
"Syukurlah setelah dilakukan sejumlah uji coba dan proses singkron, akhirnya PLTMG Rawa Minyak ini bisa masuk dalam sistem kelistrikan yang ada di Riau. Ini kabar gembira, karena bisa meningkatkan kapasitas PLN melayani kelistrikan di Riau," ujar Senior Manajer Public Relation PLN Agung Murdifi.
 
Penyelesaian PLTMG rawa minyak ini juga tidak terlepas dari kerja sama apik antara PT PLN (Persero) dan PT Wijaya Karya (Persero) selaku pengembang.
 
Untuk tahap awal, secara bertahap akan masuk mulai 6 MW, kemudian akan menyusul sesuai kemampuan menyerap beban dan akan ditambah secara bertahap. 
 
Beban puncak untuk sistem Siak sendiri saat ini sebesar 10 MW dengan kemampuan daya sebesar 11 MW yang sebelumnya disuplai dari PLTD Siak dan PLTD Sei Apit.
 
Selain itu, saat ini PLN juga tengah dalam proses uji coba sistem untuk PLTU Tenayan, dengan kapasitas dua kali 110 MW. Hal ini tentu dengan satu tujuan menaikkan rasio elektrifikasi sekaligus komitmen PLN dalam peningkatan infrastruktur kelistrikan Tanah Air.
 
"Kami akan optimal untuk mempercepat seluruh proyek agar selesai tepat waktu, sebagai wujud pelayanan kami untuk masyarakat, agar seluruh pelanggan dapat menikmati terangnya listrik," tutup Agung. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index