City Gas, 3.713 Rumah di Pekanbaru Bakal Dialiri Gas

City Gas, 3.713 Rumah di Pekanbaru Bakal Dialiri Gas
Ilustrasi

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dalam waktu dekat, sebanyak 3.713 Rumah Tangga (RT) yang ada di Kecamatan Limapuluh Pekanbaru akan dialiri pipa gas kota (city gas) untuk digunakan sebagai bahan bakar menggantikan tabung elpiji.
 
Hal tersebut diungkapkan Camat Limapuluh, Pekanbaru, Hadiyanto, Selasa (12/1). Menurutnya pemasangan pipa atas kemauan dan kesadaran masyarakat sendiri, setelah mendapatkan sosialisasi sebelumnya.
 
Ditambahkannya, adapun jumlah rumah tangga yang bersedia tersebut atas dasar pendataan dan pendaftaran yang sudah dilakukan pada awal sebelum pembangunan jaringan pipa gas kota di mulai di wilayah tersebut Agustus 2015.
 
Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebarkan angket formulir isian untuk dijawab oleh warga Kecamatan Limapuluh sebagai bukti kesediaannya untuk dipasangi aliran gas kota. Serta siap menggunakannya untuk menggantikan pemakaian elpiji tabung miliknya.
 
"Ada 5.000-an formulir yang kami sebar untuk diisi masyarakat, tetapi yang bersedia serta mengembalikannya hanya 3.713 rumah tangga," sebutnya.
 
Sementara sisanya kurang lebih 1.500 Kepala Keluarga lagi menolak dengan berbagai alasan. Ada yang menolak dengan alasan pribadi, juga karena lingkungan yang memang tidak memungkinkan terjangkau aliran pipa gas kota. 
 
Ia berharap dengan adanya gas kota ini masyarakat akan lebih hemat dan mudah mendapatkan bahan bakar. Tidak seperti saat ini sering terjadi kelangkaan ketika distribusi terganggu. Gas kota lebih hemat 40 persen.
 
Informasi yang diperoleh dari Kementerin ESDM untuk proses pemasangan jaringan pipa gas kota hingga ke rumah tangga termasuk kompornya akan diberikan secara gratis. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index