Dewan Minta Pemko Awasi Harga Sembako

Dewan Minta Pemko Awasi Harga Sembako

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kenaikan harga kebutuhan barang di beberapa pasar di Kota Pekanbaru, mendapat tanggapan dari DPRD Kota Pekanbaru. Kalangan legislator, meminta agar persoalan tersebut segera diselesaikan.
 
Salah satunya adalah Pemko Pekanbaru di bawah pengawasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, perlu menggelar operasi ke lapangan dan memantau semua perkembangan harga.
 
“Perlu kebijakan Pemko secara berkesinambungan untuk menyikapinya, dan turun ke lapangan melakukan pemantauan untuk menekan harganya kembali,” kata Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi, saat dikonfirmasi, Selasa (12/1).
 
Menurut politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut, keluhan dari masyarakat harus secepatnya direspon. “Jangan tunggu masyarakat mengeluh dulu harga barang naik baru semuanya sibuk. Ini mestinya harus berkelanjutan dicek,” pintanya.
 
Disperindag harus melakukan operasi pasar, kemudian langsung cek ke penyalur barang dan agen dan menegaskan jangan menaikkan harga barang terlalu tinggi.
 
“Untuk menekan tadi seperti apa, salah satunya perlu kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga disaat harga BBM turun,” jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Azwan mengakui bahwa saat ini harga di pasar-pasar masih tinggi dan ada yang naik.
 
“Memang saat ini belum ada penurunan harga, dan memang juga tidak bisa serta merta langsung turun. Justru ada kecenderungan meningkat,” jelasnya.
 
Dalam pengakuannya, Disperindag lebih banyak melakukan upaya monitoring dan melakukan fasilitas untuk mengkoordinasikan ke distributor.
 
“Upaya lain kami juga melakukan peninjauan ke lapangan. Kemarin (Senin, red) kami turun dengan Disperindag Riau. Tapi untuk menurunkan secara serta merta disebutkan tidak mungkin. Makanya saat ini Disperindag melakukan upaya pemantauan di lapangan untuk mengetahui apa masalahnya,” ucapnya.
 
Ditanya ketegasan Pemko menyikapi harga komoditas yang mulai merangkai naik tersebut, Azwan dalam pengakuannya saat ini hanya berusaha menghimbau saja. 
 
“Intinya kepada pedagang diminta tidak menaikkan harga sesuka hati, dan kami tetap melakukan monitoring harga,” tutupnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index