Awas...Dana Desa Rawan Penyimpangan, 4.776 Aparat Desa Diberi Pelatihan

Rabu,13 Januari 2016 | 06:22:45 WIB
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meyediakan anggaran  Rp15 milyar untuk melatih 4.776 aparat desa di Riau. Pelatihan bertujuan agar arapat desa mengetahui rambu-rambu dalam mengelola dana desa.   
 
Hal ini disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (Bapemasbangdes) Riau, Sudarman. Menurut Sudarman,dari 1.592 desa yang ada di Riau, 70 persen diantaranya sudah mampu mandiri dalam mengelola dana desa.   Hanya saja, besarnya anggaran desa saat ini yang mencapai Rp500 juta dari APBD Riau, membuat penggunaan dana desa rawan terjadi penyimpangan.  
 
"Pengelolaan dana desa ini sangat rawan. Tahun lalu kita melatih 1.000an aparat desa. Mereka kita latih memahami tentang tugas penyelenggaraan pemerintah dan mengelola dana desa. Tahun ini kita dapat bantuan dari kemendagri Rp15 milyar untuk pelatihan aparat desa ini,"ujarnya, Selasa (12/1).   Tak hanya dari APBD Riau, ribuan desa di Riau ini juga mendapat bantuan berupa Anggaran Dana Desa (ADD)dari APBD Kabupaten.  
 
"Anggaran yang dikelola itu sangat besar. Kalau aparat desa tidak dibekali kemampuan dalam mengelola itu, bisa berbahaya. Makanya Kemendagri itu getol menyelenggarakan pelatihan ini. Jadi nanti yang dilatih itu selain Kepala Desa, Sekretaris dan Kasi Pemerintahannya juga dilatih," terangnya.   Selain sistem pengelolaan keuangan desa, aparat desa juga bakal dibekali pengetahuan dalam membuat Peraturan Desa (Perdes). (R03)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS