Kesadaran Pelaku Usaha Masih Minim Urus IUMK

Kesadaran Pelaku Usaha Masih Minim Urus IUMK
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Hingga pertengahan januari 2016 ini, pelaku usaha yang sudah mengurus dan mengantongi IUMK mencapai 1.769 lebih. Data ini terus ter update karena seluruh Kecamatan sudah tersambung dan dipantau melalui media elektronik (smartphone).
 
Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Pekanbaru, Ardiansyah S STP MSi, menuturkan dari jumlah keseluruhan pelaku usaha yang mengurus dan memiliki kartu IUMK yang paling banyak berada di kecamatan Tenayan Raya, sebanyak 487 pelaku usaha. Kemudian kecamtan Senapelan sebanyak 314 pelaku usaha, Tampan 187, Rumbai Pesisir 170, Payung Sekaki 143, Kecamatan Rumbai 134, Kecamtan Sail sebanyak 90 pelaku usaha.
 
Sementara yang masih kurang Kecamatan Marpoyan Damai sebanyak 72 pelaku usaha, Bukit Raya 42, Kecamatan Sukajadi 50 dan Pekanbaru Kota sebanyak 48 pelaku usaha yang sudah megantongi IUMK. Padahal Kecamatan tersebut berada di pusat kota Pekanabaru.
 
"Keuntungan bagi pelaku usaha memiliki IUMK yang sudah terdata banyak sekali. Sebagai masyarakat memiliki identitas diakui negara menjadi pelaku usaha menjadi skala prioritas untuk mendapatkan pembinaan," ujar Ardiansyah, Jum'at (15/1).
 
"Kemudian paling berhak mendapatkan dana KUR. Prioritas ini didapatkan karena telah terdaftar dan di ketahui oleh Pusat," sabungnya.
 
Diskop dan UMKM Pekanbaru selalu mendorong pelaku usaha untuk mengurus IUMK."lagian kan gratis," singkatnya
 
Ditambahkannya, Syaratnya, bagi pelaku usaha cukup membawa KTP dan KK ke Kecamatan, kemudian mengisi Formulir, lalu tim lakukan survei memastikan usaha yang di geluti. Setelah jelas kepastianya, pelaku usaha bisa memiliki IUMK. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index