Tak Pernah Banjir, Kini Puluhan Rumah di Pinggiran Sungai Cupak Terendam Air

Tak Pernah Banjir, Kini Puluhan Rumah di Pinggiran Sungai Cupak Terendam Air
banjir di rohul (internet)
PASIRPANGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Akibat diguyur hujan semalaman puluhan rumah warga Desa Rambah Tengah Hilir Boter, Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Ahad (17/1/2016).   Lebih kurang sebanyak 30 rumah warga terutama yang ada di sekitar aliran Sungai Cupak terendam banjir. 
 
Salah satu warga Dusun Boter yang juga menjadi korban rendaman luapan air Sungai Cupak menyampaikan, selama ini Sungai Cupak tidak pernah meluap. Meluapnya sungai diduga karena dipersempitnya sungai saat pembuatan jembatan dengan menggunakan gorong-gorong sehingga tidak sanggup menampung derasnya debit air.  
 
“Seharusnya jembatan yang menggunakan gorong-gorong diameternya diperbesar. Namun untuk mencari keuntungan besar diduga kontraktor memperkecil diameter gorong-gorong sehingga masyarakat yang menanggung akibat luapan sungai,” Ujarnya.
 
Warga meminta pemerintah terutama dinas terkait melakukan perbaikan.  Jika dibiarkan sudah Sungai Cupak akan meluap lagi saat hujan deras dan merendam pemukiman warga.   
 
Sementara itu, Kepala Desa Rambah Tengah Hilir, H. Ahadin mengatakan bahwa pihak desa dalam waktu dekat akan mengajukan proposal pembangunan Box Cover di jalur dua. Permintaan itu akan diajukan melalui surat tertulis ke Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Rohul.   Ahadin mengakui air banjir yang menggenangi rumah warga merupakan air rawa yang ada di daerah itu.  Karena badan jalan lebih tinggi, air tak bisa melintasi jalan.
 
"Kita harap Pemerintah Daerah Rohul melalui Dinas Binamarga dan Pengairan dapat mengakomodirnya, sehingga banjir tidak terulang lagi,” harapnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index