2017, Pemko Dumai Rombak Satuan Kerja

2017, Pemko Dumai Rombak Satuan Kerja
Kantor Pemko Dumai

 

DUMAI (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Dumai pada 2017 mendatang bakal merombak sejumlah satuan kerja perangkat daerah dalam rangka optimalisasi kinerja dan efesiensi anggaran daerah.
 
Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah Kota Dumai Marjoko Santoso menyebutkan, saat ini proses perombakan atau perampingan SKPD ini masih dalam tahap proses pengkajian dan penyusunan tim pemerintah oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana Pemkot Dumai.
 
"Sejumlah satker yang memiliki alokasi anggaran tertentu akan digabungkan dengan instansi induk yang saling berkaitan tugas pokok fungsi dalam pelaksanaan tugas di pemerintahan," kata Marjoko kepada wartawan akhir pekan lalu.
 
Rencana ini, lanjut dia, menyusul keluarnya kebijakan baru dari pemerintah pusat dalam rangka efektivitas dan efesiensi kinerja di daerah serta rasionalisasi anggaran.
 
Menurutnya, kondisi struktur organisasi dan tata kerja sejumlah SKPD di Dumai perlu perampingan karena dianggap kurang optimal dalam pelaksanaan kinerja dan harus menyatu ke satker lain agar lebih fokus dan maksimal.
 
"Perombakan instansi perangkat daerah ini untuk menjalankan amanah kebijakan baru pemerintah pusat dan daerah minimal sudah harus melaksanakan pada 2017 mendatang," ungkapnya.
 
Akibat perombakan SOTK ini diprediksi dia bakal terjadi pemangkasan tenaga honorer yang bekerja di sejumlah SKPD tersebut, bertujuan efesiensi dan rasionalisasi anggaran.
 
Menurutnya, pembiayaan tenaga honorer di semua SKPD Dumai sejauh ini dinilai cukup membebani anggaran daerah, sehingga pemerintah berencana melakukan pemangkasan sesuai kebutuhan demi mengoptimalkan dana pembangunan.
 
"Rasionalisasi anggaran terpaksa dilakukan karena penerimaan daerah dari pusat mengalami pengurangan, agar program pembangunan oleh pemerintah tidak terkendala," sebutnya.
 
Lingkungan Pemkot Dumai saat ini sudah terbentuk 5 Badan setingkat eselon II, 12 Dinas, 6 Kantor atau eselon III dan 11 Bagian di Sekretariat Wali Kota Dumai. (MCR/R02)

Listrik Indonesia

#Dumai

Index

Berita Lainnya

Index