Syukri: Kalau Tak Juga Bersih, Potong Kuping Saya

Syukri: Kalau Tak Juga Bersih, Potong Kuping Saya
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Istilah baru yang melekat di Kota Pekanbaru sebagai kota Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) tentunya harus sejalan dengan kebersihan dan keasrian lingkungan. Hanya saja, di beberapa tempat kita masih mendapati banyaknya tumpukan sampah.
 
Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pekanbaru Syukri mengatakan ada dua cara untuk menjadikan Jalan di kota Pekanbaru bersih dan terbebas dari sampah. "Dua cara ini haruslah ditaati. Pertama, buang sampah di malam hari. Kedua, patuhi jam buang sampah. Itu saja."
 
Syukri juga mengatakan apabila kita malas untuk membuang sampah di malam hari, alternatifnya adalah bersedia menyisihkan tanah untuk Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sebesar 1x2 meter.
 
Dinas Kebersihan kota Pekanbaru sejauh ini sudah berupaya keras untuk membuat TPS di lingkungan warga. Namun, solusi cerdas tersebut ditolak mentah-mentah oleh warga yang enggan menjual tanahnya untuk dijadikan TPS.
 
"Tahun 2013-2014 yang lalu, sudah kami anggarkan untuk lima lokasi TPS. Dananya juga sudah ada, tapi tidak ada masyarakat yang mau menjual tanahnya. Padahal luas tanah yang kami butuhkan untuk TPS hanya 1x2 meter saja, tak lebih dari itu. Urusan pengerjaan, biar kami yang bangun," ujar Syukri.
 
Kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, membuat Kabid Kebersihan Kota Pekanbaru mulai berpikir untuk memberikan sanksi sosial, guna memberikan efek jera bagi masyarakat yang masih saja membuang sampah di luar jam buang sampah yang sudah ditentukan.
 
"Jadi begini, kami himbau kepada masyarakat luas untuk bisa bekerja sama dengan cara mengambil foto pelaku dan menyebarkannya ke sosial media. Karena tidak mungkin kan kami yang jumlahnya hanya 17 orang ini menangani 1,4 juta masyarakat Pekanbaru. Jika kedapatan, akan kami berikan sanksi sosial," papar Syukri.
 
Syukri juga mengatakan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) waktu yang tepat untuk membuang sampah di wilayah Kota Pekanbaru adalah pukul 18.00 hingga 06.00 WIB. "Lewat dari waktu itu, jangan ada lagi yang buang sampah. Saya jamin kebersihan Kota Pekanbaru bisa dicapai. Kalau tidak bersih juga, potong kuping saya," katanya serius.
 
Untuk memudahkan masyarakat Pekanbaru memberikan informasi dan keluhan terkait sampah, Dinas Kebersihan Kota memberikan pelayanan call center yang bisa dihubungi selama 24 jam. "Untuk keluhan bisa hubungi kita di call center, 0853 7450 5000 dan 0812 7770 8008," pungkasnya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index