Ini Daftar Restoran Hotel Berbintang di Riau yang Tak Kantongi Sertifikasi Halal MUI

Ini Daftar Restoran Hotel Berbintang di Riau yang Tak Kantongi Sertifikasi Halal MUI

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meskipun sudah beroperasi sejak lama, namun hingga saat ini masih banyak restoran yang ada di hotel-hotel di Pekanbaru belum mengantongi izin halal.

 
Parahnya, berdasarkan data LPPOM MUI Riau, saat ini hanya baru tiga restoran Hotel berbintang yang sudah mengantongi sertifikasi halal. Ketiganya adalah Restoran Mona Plaza Hotel Pekanbaru, Restoran Priemer Hotel Pekanbaru dan Restoran Hotel Comford Dumai.
 
Dirut LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau Dr Hj Sofia Anita Msc, kepada mengatakan pihaknya selama ini sudah memberikan himbauan agar pengelola restoran hotel berbintang guna mengurus sertifikasi halal. 
 
"Kita sudah melakukan berbagai upaya untuk itu, namun pada kenyataanya ya baru tiga restoran yang sudah mengurus dan mendapatkan sertifikat halal," ungkap Hj Sofia, Rabu (20/1) seperti dilansir goriau.
 
Mneurutnya ada beberapa restoran hotel yang mengajukan sertifikasi halal, namun dirinya tolak karena tidak sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh MUI Pusat. 
 
"Ada beberapa restoran hotel yang sudah mengajukan namun kita tolak, alasanya karena mereka tidak bisa memisahkan antara bahan makanan halal dan minuman keras. Rata-rata mereka masih menolak memisahkan antara bahan makanan dan minuman halal dengan minuman keras, baik di gudang maupun di restoran itu sendiri," tukasnya.
 
Seuai dengan Undang-undang nomor 33 tahun 2014, tentang Jaminan Produk Halal (JPH) seharusnya pengelola hotel tersebut harus memiliki sertifikat halal dari LPPOM MUI.
 
Adapun hotel-hotel yang Belum Kantongi Sertifikasi Halal yaitu Hotel Grand Central Pekanbaru, Hotel Mutiara Merdeka, Hotel Ibis, Hotel Pangeran Pekanbaru. Hotel Aryaduta Pekanbaru, Hotel Alpha Pekanbaru, Hotel Drego, Hotel Swiss Bellin, Hotel D'White, Hotel Grand Elite. Hotel Jatra, Hotel Hollywood, Hotel Furaya, Hotel Grand Tjokro, Hotel Mayang Garden, Hotel Resty Menara,Hotel Dyan Graha.
 
Kemudian Hotel Pelangi, Hotel Anom, Hotel Amaris, Hotel Zatami, Hotel Sri Indrayani, Hotel Aston, Hotel Benteng, Hotel Bintang Lima, Hotel Tun, Hotel Spadia Pasirpengaraian, Hotel Dafam.
 
Ada juga Hotel Stefani, Hotel Green, Hotel Parma, Hotel Trans, Red Planet Hotel, Hotel Furaya. Dan masih ada belasan hotel lainya yang masih belum memiliki sertifikasi Halal dari LPPOM MUI Riau. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index