Tekan Angka DBD, Dewan Imbau Warga Gotong Royong Massal

Tekan Angka DBD, Dewan Imbau Warga Gotong Royong Massal
Jhon Romi Sinaga SE

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Guna menekan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah mewabah di Kota Pekanbaru, legislator mengimbau kepada masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih di lingkungan sekitar. Salah satunya adalah mengadakan gotong royong kampung.
 
“Jika di suatu daerah ada yang terjangkit DBD, ini artinya sudah sangat membahayakan. Sudah saatnya kita berbenah diri menjaga kebersihan seperti membersihkan kamar mandi, parit dan bersama-sama menerapkan gotong royong massal di perkampungan supaya terindar dari DBD,” kata Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga SE, saat ditemui di DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (21/1)
 
Selain itu, politisi dari PDI-P itu juga mendesak Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, agar selalu proaktif mendengar laporan dari masyarakat. Bila ada di suatu daerah terjangkit DBD, Diskes dan timnya segera turun ke lapangan.
 
“Demam berdarah ini adalah wabah. Mau tidak mau, kita harus tetap siaga selalu. Ketika ada yang terjangkit demam berdarah, perlu di fogging langsung. Soalnya, dari keterangan yang kami terima di Diskes, semua mesin fooging di setiap Puskesmas sudah aktif,” jelasnya.
 
Dijelaskannya lagi, hal yang perlu diwaspadai adalah, daerah yang padat dengan penduduknya, seperti Kecamatan Tampan dan Payung Sekaki yang diterimanya paling rawan terjangkit DBD.
 
“Dapat keluhan warga, Diskes langsung action. Berapa jumlah warga yang terjangkit. Apalagi, kita lihat jumlah penduduk kota pekanbaru saat ini sudah membludak dan berjumlah Rp1,4 jt jiwa. Di setiap kecamatan Diskes harus membentuk tim,” pintanya.
 
Sebagaimana diberitakan, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr Nuzelly Husnedi mengatakan bahwa sepanjang Januari 2016, sebanyak 110 pasien dirawat karena penyakit DBD. Angka ini dipastikan akan terus bertambah bila penerapan pola hidup bersih tidak diterapkan di masyarakat. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index