1.811 Mustahiq Terima Zakat Mal dari Baznas Meranti

1.811 Mustahiq Terima Zakat Mal dari Baznas Meranti
Tengku Akhrial

 

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Selama tahun 2015 lalu, sebanyak 1.811 Mustahiq telah menerima zakat mal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti. 
 
Total jumlah yang disalurkan sebesar Rp 1.063.591.577, dan sisa dari yang terkumpul sebesar Rp 694.257.064 masih tersimpan didalam kas Baznas.
 
Ketua Baznas Kepulauan Meranti, Tengku Akhrial didamping Sekretaris Baznas Ustadz Khozin, Kamis (21/1) menjelaskan, tahun lalu Baznas Kepulauan Meranti telah menyalurkan zakat mal ke mustahiq (orang yang berhak menerima zakat, red) sebesar Rp 1.063.591.577.
 
"Dengan penyaluran zakat mal ini, dapat membantu dan mengurangi beban masyarakat Kepulauan Meranti yang dalam kondisi susah. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kepulauan Meranti yang kurang mampu," kata Tengku Akhrial.
 
Dijelaskan Tengku Akhrial juga, sebelum disalurkan kepada mustahiq Baznas Meranti telah mengumpulkan zakat mal sebesar Rp 1.757.848.641 dari sebanyak 2248 Muzakki yang tersebar dari seluruh wilayah Kepulauan Meranti. Jumlah tersebut terdiri dari Baznas dan seluruh Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang berada di wilayah Kepuilauan Meranti.
 
Berdasarkan laporan Baznas, dari pengumpulan yang dilakukan Baznas dan Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) seluruh Kabupaten diantaranya dari Baznas Kabupaten Rp 1.171.957.555, UPZ Kecamatan Merbau Rp 235.287.248, UPZ Rangsang Barat Rp 202.390.338, UPZ Tebingtinggi Barat Rp 89 juta, UPZ Rangsang Pesisir Rp 59.213.500.
 
"UPZ Tebingtinggi tergabung dalam Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti," jelas Tengku Akhrial.
 
Sementara UPZ lainnya yakni UPZ Rangsang, Pulau Merbau, Tebingtinggi Timur, dan Tasik Putri Puyu masih vakum. Oleh sebab itu dalam tahun ini (2016), Baznas Kepulauan Meranti akan melakukan revatalisasi kepengurusan UPZ yang belum aktif, termasuk melakukan pembinaan nantinya.
 
"Sehingga nantinya seluruh UPZ dapat melaksanakan perannya masing-masing dalam mengumpulkan zakat diseluruh wilayah Kepulauan Meranti," tambahnya.
 
Lebih jauh, Ketua Baznas yang juga Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti itu mengharapkan ada peningkatan muzakki, maupun zakat mal nantinya. Sehingga dapat lebih maksimal dalam membantu masyarakat Kepulauan Meranti yang membutuhkan.
 
Ia juga berharap penerimaan zakat Baznas tidak hanya dilingkup Pemerintah saja, Namun juga swasta dan pihak perusahaan juga tentunya. Sehingga jumlah pengumpulan zakat bisa lebih besar.
 
"Jika zakat yang berhasil kita kumpulkan lebih besar lagi, maka akan semakin mempercepat membantu masyarakat Kepulauan Meranti yang dalam berkondisi susah," optimisnya.
 
Oleh sebab itu dihimbau kepada seluruh pihak swasta, pengusaha dan perusahaan, khususnya yang beroperasi diwilayah Kepulauan Meranti, dapat membayarkan zakatnya kepada Baznas. "Kita akan coba lakukan pendekatan dan komunikasi dengan pihak perusahaan dan swasta nantinya dalam pengumpulan zakat mall ini," ujarnya.
 
Dapat disampakan pula, sejumlah program Baznas dalam menyalurkan zakat diantaranya Meranti Sehat, Meranti Peduli, Meranti Cemerlang, Meranti Agamis, Meranti Konsuntif dan Meranti Produktif. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index