APBD Meranti 2016, Lebih Besar Pasak daripada Tiang

APBD Meranti 2016, Lebih Besar Pasak daripada Tiang
Pengesahan APBD Meranti 2016

 

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM) - Setelah melalui pembahasan yang alot oleh Banggar DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, akhirnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2016 disahkan. Pengesahan dilakukan dalam Rapat Paripurna DPRD yang dilangsungkan di Gedung DPRD Kabupaten Meranti, Kamis (21/1).
 
Adapun struktur APBD tahun 2016 ini diibaratkan dalam peribahasa seperti lebih besar pasak daripada tiang. Karena belanja lebih besar daripada pendapatan. Dimana pendapatan tahun 2016 sebesar Rp1.363.718.086.015. Sedangkan belanja pada APBD tahun 2016 sebesar Rp1.478.169.400.877.
 
Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Fauzi Hasan bersama Pj Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Edy Kusdarwanto didampingi Wakil Ketua DPRD Muzamil, Wakil Ketua DPRD Taufikurahman, turut dihadiri Sekretaris daerah Drs. H Iqaruddin MSi, camat se Kabupaten Kepulauan Meranti dan kepala dinas dan badan di lingkungan pemerintahan Kepulauan Meranti.
 
Dalam pidato laporan pengesahan APBD Meranti 2016 yang dibacakan oleh juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepulauan Meranti, Muzakir, Amd menyatakan bahwa pembahasan RAPBD terjadi sangat alot hal itu bertujuan agar APBD Kabupaten Meranti 2016 benar-benar mengacu pada azas manfaat dan mampu mendukung percepatan RPJMD dan RPJPD.
 
Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti,Fauzi Hasan mengakui bahwa APBD Kepulauan Meranti tahun 2016 terjadi defisit karena anggaran belanja lebih besar daripada anggaran pendapatan. Ini dikarenakan banyak program yang tidak selesai pada tahun 2015 kembali di masukkan pada tahu 2016.
 
Namun dia berharap dalam pelaksanaannya APBD Kabupaten Meranti 2016 dapat dikelola secara efektif dan transparan dengan memperhatikan azas manfaat yang memberikan dampak luas kepada masyarakat.
 
Menyikapi hal itu, Pj Bupati Meranti H. Edy Kusdarwanto menyambut baik terhadap pengesahan APBD 2016, dirinya menekankan dalam penyusunan APBD 2016 yang telah disetujui oleh Pemerintah daerah dan DPRD telah mengacu pada prinsip dasar sesuai dengan Peraturan Mendagri.
 
"Semoga dalam pelaksanaanya dapat benar-benar memberikan manfaat kepada masyarakat.Pemda dan DPRD dapat saling mendukung sesuai dengan fungsinya masing-masing dalam rangka membangun Meranti lebih baik lagi kedepan," jelasnya. (R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index