Jumlah Bus TMP Makin Banyak, Anggaran Operasional Membengkak

Jumlah Bus TMP Makin Banyak, Anggaran Operasional Membengkak

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Pekanbaru kembali mendapatkan hibah 50 BUS dari Kementerian Perhubungan Pusat. 
 
Sempat direncanakan untuk dioperasionalkan melayani rute Pekanbaru-Siak-Kampar dan Pelalawan (Pekansikawan), akhirnya Wali kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT mengambil keputusan agar bus tersebut dioperasionalkan di dalam kota Pekanbaru.
 
Saat ini Jumlah Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) mencapai total 75 unit. Sementara ditahun ini juga, 20 unit bus berukuran besar TMP yang sempat mangkrak di Terminal AKAP. 9 diantaranya telah diperbaiki Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Pekanbaru. 
 
"Memang rancana 10 unit, tapi anggaran kita kemarin hanya cukup 9 unit, sebentar lagi akan dioperasikan juga di Pekanbaru," ujar Wisnu selaku UPT Pengelolaan Angkutan Perkotaan (PAP) Kota Pekanbaru.
 
Jadi jika ditambah 50 unit saat ini total bus TMP Pekanbaru mencapai 134 unit. 
 
"Jadi 134 unit bus tmp tahun ini akan beroperasi melayani rute di jalanan Pekanbaru. Untuk 50 unit yang baru kita dapatkan dari Kemenhub dan 9 unit yang baru kita selesai perbaiki untuk rutenya belum kita tentukan," sambung Wisnu.
 
Ditambahkannya 75 unit yang diurus PD Pembangunan. Sementara 50 unit bus yang akan mendarat di Pekanabru ditambah 9 unit bus besar yang baru diperbaiki untuk operasionalnya nanti akan ditanggung oleh Dishub. 
 
"Sementara ditanggung Dishub dulu untuk operasionalnya menggunakan dana anggaran harian Dishub. Soalnya 50 unit ini datang mendadak. Kedepan bisa jadi dilelang atau yang lainnya nanti kita bahas lagi," sebut Wisnu. 
 
Saat disinggung mengenai trayek 50 unit bus yang akan sampai di Pekanbaru dan 9 unit bus yang selesai diperbaiki. Wisnu mengatakan Dishub maupun Pemko Pekanabru belum menentukan trayeknya. "Yang pasti di Kota Pekanbaru," tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index