Pagi ini 31 Hotspot

Pelalawan-Inhu Terparah 24 Titik

Pelalawan-Inhu Terparah 24 Titik
Peringatan: Gunakan masker bila keluar rumah. Foto internet
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru mencatat setidaknya ada 31 hotspot tertangkap satelit Terra dan Aqua Jumat (4/9/2015) ini. Pelalawan dan Indragiri Hulu masih mendominasi dengan 14 hotspot serta Rokan Hulu, Indragiri Hilir  masing-masing satu titik.
 
Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin memperkirakan ada beberapa lokasi kebakaran lahan di wilayah Riau saat ini yang menyebabkan masih rendahnya jarak pandang hingga pagi ini. Untuk Pekanbaru, jarak pandang rata-rata berkisar 800 meter, Rengat 800 meter, Pelalawan 600 meter dan Dumai 2 kilometer.
 
Meski begitu, kualitas udara rata-rata di wilayah Riau masih belum menunjukkan pergerakan yang berarti alias masih Sangat tidak Sehat. Untuk wilayah Pekanbaru, pagi tadi, papan indek pemantau kualitas udara menyebutkan Berbahaya.
 
Beberapa ruas jalan yang biasanya padat dengan aktivitas publik juga terlihat lebih sepi dari biasanya. Warga memilih tidak keluar rumah supaya tidak terpapar partikel asap yang bisa menyebabkan ISPA.
 
Adapun warga yang beraktivitas di luar rumah terlihat banyak menggunakan masker yang kini banyak di jual di sepanjang jalan di dalam kota. Beberapa lapak kaki lima terlihat banjir di sepanjang jalan Sudirman Pekanbaru. ''Mau dibilang ambil kesempatan di tengah asap iya juga bang. Tapi kami jualan juga dengan risiko ikut batuk dan pilek juga karena tiap hari di pinggir jalan ini,'' ungkap Anto seorang pedagang di Sudirman. (R03) 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index