Rumah Kreatif Cempaka, Kembangkan Batik Riau

Rumah Kreatif Cempaka, Kembangkan Batik Riau
Para pengelola Rumah Kreatif Cempaka

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Masyarakat Rumbai segera memiliki gerai pengrajin batik Riau pertama bernama Rumah Kreatif Cempaka (RKC).Gerai yang berlokasi di Jl. Sembilang No. 49B Kecamatan Rumbai Pesisir tersebut akan diresmikan pada 9 September 2015 mendatang.

Pendirian RKC memiliki manfaat dari sisi budaya dan sosial-ekonomi sekaligus, yakni bagian dari upaya pelestarian warisan budaya batik Riau, pemberdayaan perempuan, dan peningkatan taraf hidup masyarakat Rumbai.

Para pengrajin RKC adalah ibu-ibu rumah tangga dan perempuan muda putus sekolah dari 11 kelurahan di  Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir. PT. Chevron Pacific Indonesia (Chevron) mendatangkan pendamping ahli untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan bisnis para pengrajin.

“Awalnya, para peserta dibebaskan berkreasi membuat batik. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, peserta mulai fokus membuat Batik Riau,” ujar Manager Communications Chevron Tiva Permata.  “Tidak berhenti pada tahap pelatihan, kini Chevron meresmikan Rumah Kreatif Cempaka sebagai tempat memproduksi dan memasarkan produk hasil binaan Chevron di Rumbai, Minas, Duri dan Dumai. RKC dapat menjadi tujuan kunjungan wisata di Pekanbaru khususnya di Rumbai, mengingat Rumbai juga sudah menjadi daerah yg terus berkembang,” lanjut Tiva.

Saat ini, para pengrajin batik di RKC mampu menghasilkan berbagai produk seperti kain, tas, peralatan salat, hiasan dinding, taplak meja dan barang kerajinan lainnya.

“Saya mengikuti pelatihan membatik di bawah binaan Chevron pada 2012. Setelah tiga tahun menggeluti seni batik, kini saya dapat menambah penghasilan keluarga dan membeli keperluan dapur keluarga saya,” ujar Ketua RKC Sri Hastuti. Keberadaan RKC mengukir mimpi para pengrajin untuk melestarikan batik Riau “Kami berharap RKC menjadi salah satu tujuan wisata di Pekanbaru untuk membeli kerajinan dan oleh-oleh khas Riau,” lanjut Sri Hastuti. (R02)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index