Tak Didukung Pemkab, Unisi Gencar Dorong Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa

Tak Didukung Pemkab, Unisi Gencar Dorong Kegiatan Kewirausahaan Mahasiswa
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Sebagai sebuah institusi pendidikan, Universitas Islam Indragiri (Unisi) telah banyak mencetak sarjana, baik yang berasal dari Inhil dimana institusi ini berdomisili maupun dari luar kabupaten Inhil. Selain fokus terhadap proses re-akreditasi untuk seluruh prodinya, Unisi juga tengah gencar mendorong kegiatan kewirausahaan mahasiswa.
 
Hal ini terbukti dengan sejumlah dana yang digelontorkan oleh Koordinasi Perguruan Tinggi (Kopertis) kepada mahasiswa Unisi melalui pengajuan proposal guna melaksanakan kegiatan kewirausahaan.
 
Rektor Unisi Tembilahan yang ditemui diruang kerjanya  Rabu (27/1/2016) siang, mengatakan sejauh ini terdapat beberapa mahasiswa Unisi yang telah menerima bantuan kewirausahaan dari Kopertis.
 
"Pada tahun 2015 yang lalu, seorang mahasiswa Fakultas Pertanian telah mengajukan proposal kewirausahaan dan telah menerima bantuan dengan nominal sekitar Rp. 6.000.000,-. Sedangkan diakhir tahun 2014, terdapat 3 orang mahasiswa dari 3 fakultas yang berbeda menerima bantuan tersebut. Untuk tahun ini, kami tinggal menunggu undangan dari Kopertis saja untuk mengirimkan proposal kewirausahaan, karena biasanya undangan tersebut memang secara rutin dikirimkan oleh Kopertis. Semoga saja ditahun ini mahasiswa kami bisa kembali mendapatkan bantuan kewirausahaan tersebut, agar dengan dana yang ada, mahasiswa UNISI dapat dengan leluasa menyalurkan jiwa kewirausahaannya," ucapnya.
 
Saat ditanya mengenai koordinasi yang dibangun dengan pemerintah daerah kabupaten Inhil terkait upaya mendorong kegiatan kewirausahaan mahasiswa ini, Sri Handayani mengungkapkan sampai sejauh ini belum pernah berkoordinasi. "Kami berencana untuk membangun komunikasi dengan Pemda melalui Bupati dengan membuat janji temu, hanya saja pak Bupati sulit untuk ditemui karena beliau banyak kegiatan lain," ungkap Sri Handayani.
 
Sri Handayani berharap agar dapat berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan Pemkab Inhil dalam rangka mendorong kegiatan kewirausahaan mahasiswa, agar kelak setelah menyelesaikan masa perkuliahannya, para mahasiswa Unisi dapat menjadi wirausahawan yang memiliki daya saing dan mampu membuka kesempatan kerja bagi orang lain. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index