Tetapkan Idul Adha 23 September, Ini Alasan Muhammadiyah

Tetapkan Idul Adha 23 September, Ini Alasan Muhammadiyah
Ilustrasi

SEMARANG (RIAUSKY.COM) - Perayaan hari raya Idul Adha tahun ini sepertinya akan ada perbedaan lagi, karena Pimpinan Pusat Muhammadiyah sudah menetapkan hari raya Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 23 September 2015.

Hal tersebut disampaikan langsung Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Semarang, AM Jumai, organisasinya menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu, 23 September 2015. Sementara, pemerintah kemungkinan menetapkan Idul Adha pada Kamis 24 September 2015.
 
“Ini didasarkan pada hisab haqiqi dengan kriteria wujudulhilal,” kata Jumai, Jum’at (4/9).

Menurut Jumai, hasil perhitungan tersebut khususnya mengenai terbenamnya matahari dan tinggi bulan menggunakan marjak Yogyakarta dengan koordinat: lintang (f) = – 07∞48 menit dan bujur = 110∞ 21 menit BT.

Hisab Haqiqi adalah metode hisab yang berpatokan pada matahari dan bulan faktual (sebenarnya). Adapun wujudulhilal adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pada saat matahari terbenam, bulan belum terbenam.

“Dengan perkataan lain, bulan terbenam terlambat dari terbenamnya matahari berapa pun selisih waktunya,’’ katanya.

Jumai menambahkan untuk menetapkan tanggal 1 bulan Qomariah dalam konsep hisab haqiqi wujudul hilal, terlebih dahulu harus terpenuhi tiga kriteria secara kumulatif, yaitu sudah terjadi ijtimak (konjungsi) antara bulan dan matahari, ijtimak terjadi sebelum terbenam matahari, dan ketika matahari terbenam bulan belum terbenam, atau bulan masih berada di atas ufuk.

“Jika ketiga kriteria tersebut sudah terpenuhi maka dapat dikatakan hilal (bulan) sudah wujud dan sejak saat terbenam matahari tersebut sudah masuk bulan baru Qomariah,” kata Jumai. (R02)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index