Lusa, 1.257 Lulusan UIR akan Diwisuda

Lusa, 1.257 Lulusan UIR akan Diwisuda
Kampus UIR

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Jika tidak ada perubahan, Sabtu (30/1) lusa, Universitas Islam Riau (UIR) kembali akan melakukan wisuda periode I tahun 2016 sebanyak 1.257 lulusan diploma, sarjana, dan pascasarjana. 

 
Rencananya, kegiatan pengukuhan wisuda ini akan di pusatkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Voli UIR.
 
Wakil Rektor 1 UIR, Dr. Nurman S Sos MSi menyebut, dari 1,257 wisudawan tersebut, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) merupakan fakultas yang paling banyak melahirkan lulusan, yakni 547 lulusan, disusul Fakultas Ekonomi 214 lulusan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 153 lulusan.
 
Sedangkan fakultas lainnya, yaitu Fakultas Teknik 72 lulusan, Fakultas Hukum 66 lulusan, Fakultas Agama Islam 47 lulusan, Fakultas Psikologi 29 lulusan, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) 21 lulusan, dan Fakultas Pertanian 21 lulusan, sedangkan untuk Pascasarjana wisuda periode kali ini sebanyak 87 lulusan.
 
"Jumlah wisudawan kita 1.257 orang. Seperti biasa FKIP masih menjadi fakultas yang paling banyak menamatkan lulusan. Dengan wisuda besok ini, maka jumlah alumni UIR sudah mencapai 40.661 alumni " terangnya.
 
Sementara untuk wisuda periode I tahun 2016 ini, lulusan yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,70 keatas adalah sebanyak 30 orang. Sebagai pemuncak wisuda kali ini tiga orang, yaitu Andika Yulianto dari Fakultas Agama Islam, Andro Terosela dari Prodi Teknik Perminyakan (Fakultas Teknik) dan Dessy Mayariza dari Prodi Agroteknologi (Fakultas Pertanian). Ketiga lulusan ini meraih IPK 3,89. 
 
Ditambahkannya, pada bulan Januari 2016 ini, dua program studi di lingkungan UIR mendapat predikat akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). program studi tersebut, yakni Program studi Psikologi dan Program studi Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol).
 
Dengan raiahan akreditasi B pada prodi Psikologi dan Prodi Kriminologi tersebut, maka dari 36 jumlah program studi di lingkungan UIR 92 persen sudah terakreditasi A dab B. Sedang lima Prodi lainnya sedang menunggu hasil visitasi akreditasi yang diperkirakan bulan Februari ini sudah keluar hasilnya.
 
Selain itu, pada tahun ini, dua orang Dosen UIR dari Fakultas Pertanian meraih gelar Doktor. Dua orang dosen tersebut adalah Dr Ir Ujang Paman, MAgr dan Dr Ir H Tengku Edi Sabli MSi. Dengan raihan gelar doktor bagi dua orang dosen di Fakultas Pertanian  tersebut, maka secara keseluruhan jumlah guru besar dan doctor yang mengajar di UIR saat ini sebanyak 64 orang.
 
Dia juga menambahkan bahwa dalam rangka meningkatkan kebutuhan masyarakat akan dunia pendidikan, tahun 2016 ini UIR akan membuka 10 prodi baru untuk jenjang pendidikan sarjana dan pascasarjana. Prodi baru tersebut yakni, satu prodi di Fakultas Agama Islam yaitu Prodi Radhatul Athfal atau pendidikan guru usian dini, Prodi Ilmu Hubungan Internasional di Fisipol.
 
Magistes Manajemen di Fakultas Ekonomi, dan tujuh prodi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, yaitu Prodi Pendidikan Kimia, Fisika, Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Seni Rupa dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.
 
“Prodi-prodi baru ini kita buka karena kita melihat tingginya minat masyarakat untuk prodi-prodi tersebut, selain juga kita ingin menyiapkan SDM yang berkualitas menghadapi tantangan global nantinya,” ungkapnya mengakhiri. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index