Dispenda dan Satpol PP Janji Tegas Tindak Pelanggaran KTR

Jumat,29 Januari 2016 | 12:58:06 WIB
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pasca dikeluarkannya edaran Walikota Pekanbaru nomor 510.12/dispenda/276.a, yang mengatur tentang kawasan tanpa rokok (KTR),  Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru bersinergi lakukan penertiban.
 
Surat edaran itu berisikan peraturan tentang KTR yaitu ruangan atau area yang dilarang kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan, atau mempromosikan produk tembakau terutama di jalan protokol. "Tidak semua jalan yang dilarang untuk penerapan aturan tersebut," kata Kepala Dispenda kota Pekanabru, Yuliasman, pada Jum'at (29/01).
 
Ia menjelaskan, ada lima ruas jalan yang bebas dari iklan rokok. Jalan tersebut antara lain Jenderal Sudirman, Pattimura, Tuanku Tambusai, Jalan Riau, dan terakhir Arifin Ahmad. "Yang diperbolehkan hanya di kawasan ekonomi. Ditempat tersebut tidak mungkin di larang," sambungnya.
 
Dispenda akan terus melakukan pemantauan terhadap adanya beberapa iklan yang masih terpajang. Karena telah melakukan pembayaran pajak, maka keberadaan beberapa iklan ini masih tetap dibiarkan hingga masa aktif pajaknya berakhir. 
 
"Memang ada beberapa iklan reklame yang sudah bayar pajak tiga bulan sebelum edaran tersebut dikeluarkan. Jadi yang sudah bayar kita beri tenggat waktu sampai habis masa pajak reklamenya," tuturnya.
 
Selain adanya penetapan jalan yang dilarang pemasangan iklan rokok, dirinya juga menyebutkan ada beberapa kriteria iklan yang diperbolehkan. Ini seperti iklan videotron yang durasinya masih berada dibawah enam puluh detik."Kalau untuk iklan rokok videotron, masih diperbolehkan selama durasinya masih berada dibawah 1 menit. Namun ini akan kami lakukan pengawasan khusus. Jika mereka melanggar, maka akan langsung kami panggil pemiliknya," tegasnya. (R05)

 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
#Pemko Index »
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS