Dukung KLH, Tak Lama lagi di Pekanbaru Dilarang Gunakan Kantong Plastik

Dukung KLH, Tak Lama lagi di Pekanbaru Dilarang Gunakan Kantong Plastik
ilustrasi internet
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meskipun belum mendapatkan pemberitahuan secara langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) mengenai pengurangan limbah plastik, namun Pemko Pekanbaru mendukung seratus persen  kebijakan yang dikeluarkan pemerintah pusat tersebut.
 
Demikian disampaikan Kepala Bidang Perdagangan, Disperindag Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman, Jum'at (29/01). .
 
Karena memiliki dampak positif yang sangat baik, terutama untuk menghindari pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh sampah plastik, maka pihaknya siap menyosialisasikan kepada masyarakat dan pemilik usaha jika memang edaran secara tertulis tersebut sampai kepada pihaknya.
 
"Saya sudah mendengar jika Kementerian Lingkungan Hidup mengimbau untuk pengurangan kegiatan belanja dengan plastik. Hanya saja untuk Pekanbaru kami belum menerima edaran secara resmi. Tentunya ini akan sangat kami dukung, karena bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan," ujarnya.
 
Terkait dampak bagi pelaku usaha yang menyediakan plastik sebagai pembungkus barang belanjaan, menurutnya akan diberikan pemberitahuan secara langsung. Contohnya swalayan, supermarket, maupun minimarket dan toko harian.
 
Menurutnya, nanti akan ada uang yang harus dibayar jika masyarakat masih menggunakan plastik sebagai pembungkus barang belanjaan. "Inginnya kami penerapan plastik berbayar ini berlaku untuk seluruh masyarakat. Di pasar dan rumah tangga. Tetapi ini tidak bisa serta merta, bertahap akan kami lakukan," kata Irba.
 
Ia mengatakan, penerapan kebijakan plastik berbayar tersebut akan berdampak positif terhadap peluang bisnis pengrajin lokal. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka para pengrajin akan diberikan kesempatan untuk menghasilkan kantong belanja non-plastik, baik yang terbuat dari kain maupun kertas.
 
"Ini peluang bisnis juga bagi pengrajin lokal. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka mereka memiliki kesempatan untuk menciptakan inovasi baru berupa kantong belanja yang terbuat dari bahan non plastik,"tutupnya. (R05)

Listrik Indonesia

#Lingkungan

Index

Berita Lainnya

Index