Siap-siap...PAN Buka Penjaringan Balon Pilkada 2017 Akhir Februari Ini

Siap-siap...PAN Buka Penjaringan Balon Pilkada 2017 Akhir Februari Ini
Partai Amanat Nasional
JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan kembali digelar 2017 mendatang, yang melibatkan setidaknya 104 daerah provinsi, juga kabupaten dan kota. Menyongsong pesta demokrasi ini, Partai Amanat Nasional (PAN) telah menyiapkan ancang-ancang.
 
Salah satu langkah cepat yang akan dilakukan PAN adalah melakukan penjaringan terhadap calon yang akan mereka usung. Itu direncanakan akan dilakukan pada akhir Februari ini, termasuk untuk dua kabupaten dan kota di Riau, Pekanbaru dan Kampar.
 
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno di kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (31/1/2016).
 
Penjaringan Calon Kepala Daerah dari PAN akan dilangsungkan pada akhir Februari 2016 ini dan itu akan dilaksanakan oleh Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPP PAN. Sementara itu Eddy mengungkapkan sudah menjalin komunikasi dengan partai politik lain mengenai kemungkinan berkoalisi.
 
"Komunikasi politik selalu ada, karena kita kan selalu membuka diri untuk partai lain. Memang sudah ada pembicaraan-pembicaraan untuk daerah tertentu, dimana teman-teman Parpol kita sudah memiliki wacana yang lebih konkrit," pungkas Eddy.
 
Untuk tingkat provinsi, disebutkan dia, setidaknya ada lima daerah yang menjadi prioritas di Pilkada serentak mendatang. Di antaranya, Sulawesi Tenggara, Papua, Gorontalo, Aceh dan Banten. Lima daerah ini dinilai merupakan representasi kekuatan PAN yang bisa diandalkan memenangi Pilkada.
 
"Kita tentu prioritaskan di daerah-daerah yang PAN memiliki basis yang kuat, misalkan saja Sulawesi Tenggara PAN kuat, di Papua kita kuat, kemudian di Gorontalo kita kuat, di Aceh PAN itu cukup kuat, Banten, PAN kuat," kata Eddy di kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (31/1/2016).
 
Namun, Eddy melanjutkan, bukan berarti prioritas tersebut mengabaikan target Pilkada di daerah-daerah lain. Eddy menyebut Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI sebagai agenda penting yang menjadi prioritas PAN selanjutnya. Hal ini mengingat Jakarta merupakan etalase dari pertarungan politik nasional.
 
"Jadi memang ada daerah-daerah  tertentu yang kita sudah memiliki kekuatan yang besar, disitu kita akan fokus tapi bukan berarti di daerah2 kita akan tinggalkan, tidak. Jakarta itu merupakan etalase nasional sehingga itu menjadi basis yang penting bagi kita," kata dia.
 
Meski begitu, sejauh ini, DPW PAN Riau sendiri mengaku kalau belum berpikir untuk hal tersebut. DPW PAN Riau, seperti disampaikan Ketua barunya, Irwan Nasir, masih akan mempersiapkan kerangka konsolidasi kepengurusan baru. (R01/OZ)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index