KSOP Selatpanjang Pantau Lonjakan Penumpang di Tanjung Harapan Lewat CCTV

KSOP Selatpanjang Pantau Lonjakan Penumpang di Tanjung Harapan Lewat CCTV
Penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang mulai meningkat menjelang perayaan imlek.

SELATPANJANG (RIAUSKY. COM) - Kepala Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Selatpanjang, Ali Imran mengatakan, untuk memantau lonjakan penumpang di Pelabuhan Tanjung Harapan menjelang Perayaan Imlek, pihaknya memasang tiga Closed Circuit Television (CCTV) setiap sudut pelabuhan maupun di dalam ruangan.

"Ini agar kita bisa melakukan pantauan dari jauh, selain dilakukan secara langsung di lokasi. Pihak Kementerian Perhubungan juga dapat memantau secara langsung dari pusat," kata Ali Imran, Ahad (31/1/2016).

Ali mengatakan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, maka baik pintu keberangkatan maupun pintu kedatangan setiap penumpang wajib melalui mesin X-Ray. 

Mengingat, Perayaan Imlek di Selatpanjang setiap tahunnya sangat meriah. Tentu tak hanya penumpang lokal saja, namun juga dari mancanegara. Dengan demikian, pengawasan akan diperketat.

Dikatakan Ali, pihak KSOP berencana mewacanakan penambah jumlah ponton di Pelabuhan Tanjung Harapan. Namun hingga saat ini belum bisa terwujud karena PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) belum merealisasikannya. 

"Penambahan ponton tujuannya untuk menghindari terjadi tumpukan penumpang di pelabuhan. Karena jalur domestik dan internasional kita punya satu ponton saja. Setidaknya ada dua ponton hingga kita bisa bagi jalur," ujar Ali.

Sementara Kantor Imigrasi Kelas II Selatpanjang Tohadi MH, juga mengoptimalkan pengawasan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Pengawasan dilakukan di pelabuhan, penginapan dan lingkungan masyarakat di pusat keramaian, terutama bagi Warga Negara Asing (WNA) selama melakukan wisata religi di Meranti.(R16)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index