Inilah yang Menyebabkan Riau Alami Inflasi 0,33 Persen

Inilah yang Menyebabkan Riau Alami Inflasi 0,33 Persen

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Badan Pusat Statistik (BPS) Riau mencatat naiknya harga makanan pokok pada Januari membuat Provinsi Riau mengalami inflasi sebesar 0,33 persen.

 
"Pedagang di pasar tradisional sering menspekulasi harga bahan makanan pada awal tahun," kata Kepala BPS Riau Mawardi Arsyad mengomentari kenaikan harga bahan makanan mencapai 1,37 persen pada Januari 2016.
 
Menurutnya, pedagang juga kerap menspekulasikan harga karena proses pendistribusian yang panjang. Hampir seluruh bahan makanan didapatkan dari Sumatra Barat dan Sumatra Utara hingga luar negeri.
 
Selain itu, spekulasi juga kerap terjadi karena stok bahan pangan tidak mencukupi atau dibatasi. "Sejumlah daerah produsen kerap membatasi ekspor ke Riau untuk mencukupi stok bahan makanan di daerahnya sendiri," kata Mawardi.
 
Bahan makanan paling berpengaruh terhadap inflasi di Riau. Karena, banyak sektor usaha di bidang kuliner yang berada di Riau, khususnya kuliner.
 
Mawardi mengatakan inflasi pada awal tahun ini cukup rendah dibandingkan pada awal tahun lalu yang hampir menyentuh 1%.
 
Tahun ini, daya beli masyarakat Riau sedikit melemah karena dampak melemahnya perekonomian pada akhir 2015.
 
Sementara itu, sektor lainnya juga mengalami kenaikan harga, seperti kelompok perumahan, listrik dan gas sebesar 0,59 persen, kelompok sandang 0,35 persen. Hanya kelompok transportasi yang mengalami penurunan harga, 1,09 persen. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index