RAPP Ajak Warga Dayun Budidaya Ikan Patin

Selasa,02 Februari 2016 | 12:22:08 WIB
RAPP Ajak Warga Dayun Budidaya Ikan Patin
Ket Foto : Pelatihan RAPP

DAYUN (RIAUSKY.COM) - Puluhan warga terlihat antusias mengikuti pelatihan budidaya Ikan Patin yang ditaja oleh PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Kantor Desa Dayun, Kecamatan Dayun, Siak, Selasa (26/1) lalu. 

 
Dalam pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari ini, peserta mendapatkan materi manajemen dan strategi binis perikanan yang disampaikan oleh Rudi Hidayat dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Elang serta teknik budidaya ikan patin yang akan disampaikan oleh Direktur Budidaya Ikan  Koto Mesjid, Bangkinang, Suhaini.
 
Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak yang diwakili oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Bakhtiar Effendi, Perwakilan Camat Siak, Sudariyanto, Kepala Desa Dayun, Nasya Nugrik, dan perwakilan RAPP, Muslim.
 
Dalam sambutannya, Bakhtiar mewakili Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh RAPP. Menurutnya, kegiatan ini sangat positif dalam memajukan perekonomian warga. 
 
“Mewakili Ibu Susilawati, kami menyampaikan apresiasi atas program RAPP dalam melatih warga Dayun untuk berbudidaya ikan patin. Kami juga menyampaikan terimakasih karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami juga berharap semoga masyarakat juga mampu bersinergi dengan pemerintah dalam kegiatan budidaya ini,” kata Bakhtiar.
 
Yang menarik dari kegiatan pelatihan ini adalah para peserta juga akan dilatih untuk membuat pakan ikan secara mandiri dengan menggunakan belatung solid (limbah) sawit. Hal ini dimaksudkan agar para peserta tetap menggunakan bahan-bahan organik dalam budidaya ikan patin.
 
Kepala Desa Dayun, Nasya Nugrik menilai kegiatan yang dilaksanakan oleh RAPP ini sangat membuka wawasan masyarakat karena selama ini warga hanya berbudidaya dengan teknik seadanya.
 
“Program ini sangat membuka wawasan masyarakat karena selama ini kami berbudidaya dengan teknik yang kami tahu saja, namun ternyata terdapat beberapa standar yang perlu kami perhatikan. Kami berharap desa kami mampu menjadi ikon desa budidaya ikan patin,” ungkapnya.
 
Stakeholder Relation (SHR) RAPP untuk Siak, R. Zulkarnaen menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu komitmen perusahaan dalam mengembangkan dan membina masyarakat di sekitar area operasional perusahaan.
 
“Pelatihan ini merupakan komitmen RAPP untuk terus  tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Untuk semakin memajukan kegiatan budidaya ikan patin di Desa Dayun, kami juga menyumbang sepuluh terpal untuk kolam ukuran 4x5 meter, 10.000 bibit ikan patin, dan pakan awal. Semoga bantuan ini mampu membuat meningkatkan hasil produksi budidaya ikan di Desa Dayun,” jelas Zulkarnaen. (R02)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Eksbis" Index »
IKLAN BARIS