Sabar-sabar...Tak Perlu Borongan ke Jakarta. 15 Februari, 8 Cakada Terpilih Dilantik di Pekanbaru

Sabar-sabar...Tak Perlu Borongan ke Jakarta. 15 Februari, 8 Cakada Terpilih Dilantik di Pekanbaru
Tjahjo Kumolo
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Jika tidak ada perubahan lagi, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota terpilih akan berlangsung pada tanggal 15 Februari mendatang.
 
Kabarnya, pelantikan sendiri, kata politisi PDIP itu akan diselenggarakan di ibu kota provinsi masing-masing daerah.
 
Mendagri mengatakan, pelantikan tersebut untuk kepala daerah yang tak bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, dia tak bisa menjadwalkan untuk kabupaten/kota yang bersengketa di MK, yang hingga saat ini sidangnya masih berlangsung.
 
"Sedangkan untuk pelantikan kepala daerah tingkat dua terpilih, yakni Bupati/walikota rencananya pada tanggal 15 Februari," kata Tjahjo di Jakarta, Selasa (2/2/16).
 
Sebelumnya, ada wacana pelantikan bupati/walikota yang awalnya di Istana, kemungkinan besar akan batal. Sehingga para bupati/wali kota akan dilantik di ibu kota provinsi masing-masing.
 
"Pelantikannya di ibu kota provinsi masing-masing, kemungkinan di Istana batal," sebutnya.
 
Di Riau sendiri ada delapan kepala daerah yang akan dilantik pada tanggal 15 Februari mendatang. Di antaranya, Kabupaten Inhu, Rohil, Rohul, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai. Sementara satu daerah, yakni Kabupaten Kuansing, masih bersengketa di MK.
 
Plt Gubri Terima Laporkan Empat Daerah
Sementara itu hingga saat ini empat kabupaten/kota sudah laporkan hasil paripurna istimewa pengangkatan kepala dan wakil kepala daerah terpilih. Keempatnya adalah Dumai, Siak, Kepulauan Meranti, Rokan Hulu, Bengkalis. 
 
Sementara yang belum melaporkan seperti Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hilir. Sedangkan Kuantan Singingi masih dalam sengketa dalam proses hukum di Mahkamah Konstitusi (MK). 
 
"Tadi Ketua DPRD Rohul melaporkan terkait proses hasil paripurna istimewa pengangkatan kepala dan wakil kepala daerah terpilih. Sebelumnya juga sudah ada beberapa sejumlah DPRD yang telah melaporkannya," kata Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Selasa (2/2). 
 
Mereka yang sudah menyerahkan hasil paripurnanya, berarti sudah menyelesaikan rangkaian proses dari tahapan pelantikan kepala dan wakil kepala daerah yang sedianya akan langsung dilantik di Istana Merdeka oleh Presiden Ri Joko Widodo. 
 
Ada pun hasil laporan yang telah disampaikan oleh masing-masing DPRD kabupaten/kota tersebut, segera akan diserahkan ke Mendagri, agar bisa secepatnya diproses sebelum pelantikan kepala dan wakil kepala daerah nantinya. 
 
"Kapan waktunya kita belum ada keputusan kapan pastinya. Yang jelas bagi daerah yang sudah menyerahkan hasil paripurna berarti sudah menyelesaikan rangkaian dari pelantikan itu sendiri," ungkap Plt Gubri yang biasa disapa dengan Andi Rachman. 
 
Ada pun tadi tadi pagi, Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu Zulkarnain menyerahkan hasil rapat paripurna istimewa DPRD terkait penetapan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Rokan Hulu terpilih yakni pasangan Suparman-Sukiman. (R02)
 
Calon Kepala Daerah yang Bakal Dilantik:
1. Rokan Hulu: H. Suparman, S.Sos dan M.Si dan H. Sukiman
2. Kota Dumai: Drs.H. Zulkifli, A.S dan M.Si dan Eko Suharjo, SE
3. Bengkalis: Amril Mukminin, SE dan MM dan H. Muhammad, SE, MM
4. Rokan Hilir: H. Suyatno dan Drs. Jamiludin
5. Pelalawan: HM. Harris dan Drs. H. Zardewan, MM
6. Siak: Drs. H.Syamsuar, M.Si dan Drs. H. Alfedri, M.Si
7. Kepulauan Meranti: Drs. H. Irwan, M.Si dan Drs. H. Said Hasyim
8. Indragiri Hulu: H. Yopi Arianto, SE dan H. Khairizal, SE., M.Si
9. Kuantan Singingi (Masih bersengketa di MK)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index