Hadapi MEA,Perbankan Diminta Permudah Birokrasi Permodalan

Hadapi MEA,Perbankan Diminta Permudah Birokrasi Permodalan
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Sejak 1 Januari 2016, siStem ekonomi dan perdagangan terintegrasi antar negara-negara ASEAN atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah diberlakukan.
 
Menanggapi hal ini, Ketua Komisi II Bidang Perekonomian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Ir Junaidi mengatakan bahwa perlu diberikan dorongan demi menumbuh-kembangkan ekonomi kreatif, khususnya di kalangan pemuda. Salah satu langkah yang bisa diambil adalah dengan menanamkan jiwa kewirausahaan, baik bagi pemuda yang telah memiliki usaha sendiri maupun bagi yang belum agar tercipta kreatifitas.
 
"Penanaman jiwa kewirausahaan dikalangan pemuda ini bertujuan agar dapat menumbuh-kembangkan kreatifitas mereka. Sehingga mereka dapat lebih terampil. Coba anda bayangkan, membuat kancing baju yang bahan bakunya berasal dari komponen buah kelapa saja kita tidak bisa, padahal kita daerah kita merupakan sentra produksi kelapa. Hal itu baru contoh kecil saja yang saya berikan. Artinya disini yang dituntut adalah kreatifitas, keterampilan pemuda, sehingga ekonomi kreatif meskipun dengan skala mikro dapat tumbuh dan berkembang," ucapnya.
 
Saat ditanya mengenai akses permodalan, Ir. Junaidi menghimbau kepada pihak perbankan agar jangan terlalu birokratis dalam memberikan pinjaman. "Pinjaman modal di perbankan pada dasarnya adalah masalah percaya atau tidak percaya saja. Untuk itu, saya menghimbau kepada pihak perbankan agar dapat mempersingkat alur proses peminjaman modal sebagai stimulus bagi tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif dikalangan pemuda Inhil," tukas Junaidi yang juga merupakan anggota fraksi Partai Golkar.
 
Junaidi berharap, dengan tertanamnya jiwa kewirausahaan yang memberikan dampak terhadap terciptanya kreatifitas serta ditunjang dengan akses permodalan dari perbankan. Ekonomi kreatif dikalangan pemuda dapat tumbuh dan berkembang. Sehingga Inhil mampu memberikan kontribusi bagi Indonesia untuk dapat bersaing dalam percaturan perekonomian antar negara ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) untuk saat ini dan masa yang akan datang. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index