Bikin Bangga, Mobil Listrik Ini Hasil Kreasi Mahasiswa Padang Lho...

Bikin Bangga, Mobil Listrik Ini Hasil Kreasi Mahasiswa Padang Lho...
Suasana uji coba mobil listrik karya mahasiswa UNP Padang. Foto antara
PADANG (RIAUSKY.COM)- Prestasi membanggakan datang dari negeri minangkabau. Mahasiswa (UNP) Universitas Negeri Padang, Jurusan Teknik Mesin, sukses membuat prototipe mobil listrik yang sanggup berlari hingga kecepatan 43 km per jam. 
 
"Mobil ini tenaga penggeraknya motor listrik yang sumber pengapian dari baterai kapasitas 48 volt, bisa menempuh jarak 40 km sekali jalan," kata salah satu orang pembuatnya, Aghel Novrinandhes, di Padang, Senin (1/2/16) seperti dilansir dari mahasiswacom. 
 
Aghel menuturkan mobil ini dibuat oleh delapan mahasiswa yang merupakan bagian dari tugas akhir penyelesaian studi mereka. 
 
System operasi mobil ini memanfaatkan tiga baterai bersama arus 12 volt bertujuan menggerakkan motor listrik yang dipasang di bagian belakang mobil. 
 
Mobil ini berdimensi panjang 2,5 meter dan lebar 1,1 meter itu membutuhkan waktu isi ulang baterai tiga jam juga memanfaatkan motor listrik dari putaran konstan, ucapnya. 
 
Mobil menyerupai formula satu ini memanfaatkan ban diameter 20 cm juga bisa mengangkut beban 90 kilogram, sedangkan bodi mobil memakai fiber serta rangka menggunakan besi yang dirangkai. 
 
Sebagai suspensi, mobil ini menggunakan empat shockbreaker tunggal yang dipasang kepada masing-masing ban bersama tumpu terhadap rangka kendaraan, sedangkan setir memanfaatkan gearbox yang radius beloknya 15 derajat dan di lengkapi rem cakram di roda belakang. 
 
Aghel mengemukakan perlu waktu enam bulan dalam menyelesaikan mobil yang menghabiskan anggaran kira kira Rp20 juta. 
 
Mobil ini dibuat oleh tim yang terdiri atas delapan orang diantaranya Fajar Wandra, Veby Prima Putra, Rolanda Putra, Suiseki Fadhail, Reodhy Hamzah, Fitrah Muhammad, Irawanta juga Aghel Novrinandhes. 
 
Wakil Dekan Fakultas Teknik UNP Fahmi Rizal menyampaikan meski masihlah berbentuk prototipe ada sekian banyak kelemahan yang mampu diperbaiki seperti memperbesar tenaga baterai sehingga jarak tempuh makin jauh. 
 
"Kami bakal tetap mendorong mahasiswa untuk melahirkan karya-karya inovatif," ujarnya. (R01/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index