Ekonomi Melemah, Ini Pesan Apindo Pada Pemprov Riau

Rabu,03 Februari 2016 | 23:10:33 WIB
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) – Pemerintah Provinsi Riau didorong untuk mencari peluang pasar ekspor baru untuk komoditas andalannya di tengah anjloknya harga minyak mentah di pasar global. 
 
Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPP Apindo) Riau Wijatmoko Rah Trisno mengatakan dalam jangka pendek ini Riau belum akan mampu memulihkan nilai ekspor karena masih bergantung pada ekspor komoditas mentah. 
 
“Untuk menyiasatinya, Pemprov Riau harus mencari peluang yaitu pasar ekspor baru di luar negara atau kawasan yang saat ini tengah mengalami konjungtur resesi,” katanya kepada riausky.com, Rabu (3/2). 
 
Kawasan yang dimaksud Wijatmoko yaitu China dan India yang kini mengalami perlambatan ekonomi bahkan masuk pada level resesi, hingga berimbas pada turunnya permintaan komoditas unggulan dari Riau.
 
Selain mencari peluang dari pasar ekspor ke kawasan di luar dua tujuan utama itu, pemda juga harus mengubah orientasi ekspor yang selama ini didominasi bahan mentah (raw material), ke bahan jadi atau produk turunan. 
 
Untuk mewujudkan hal itu, pemda harus turun tangan langsung memberikan kemudahan kepada investor, memberikan jaminan kepastian investasi, dan mengeluarkan kebijakan pabrik efisiensi ekonomi, sehingga membantu mengatasi masalah ekonomi biaya tinggi yang kerap membebani pengusaha. 
 
“Itu beberapa hal yang harus diperhatikan pemda agar ekonomi Riau tetap berjalan dengan baik di tengah turunnya harga minyak mentah di pasar global, tinggal kemauan Pemprov untuk menjalankannya,” pungkasnya. (R07)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com

 
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Eksbis" Index »
IKLAN BARIS