Mantap...3 Kampus di Riau Ini Masuk 100 Besar Universitas Terbaik di Indonesia

Kamis,04 Februari 2016 | 09:52:08 WIB
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia, Webometrics Ranking of World Universities baru saja merilis hasil pemeringkatannya, awal tahun 2016. 
 
Dalam laman resminya di webometrics.info sejumlah perguruan tinggi dari seluruh dunia telah diurutkan, dan Universitas Indonesia (UI) berhasil meraih peringkat pertama di Indonesia.
 
Kampus lain di antaranya Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di peringkat kedua, Universitas Gadjah Mada (UGM) peringkat tiga, Universitas Diponegoro peringkat empat, dan Universitas Riau (UNRI) di peringkat kelima. 
 
Tak mau ketinggalan 3 Universitas di Riau juga masuk dalam 100 besar Universitas terbaik di Indonesia. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasyim (UIN Suska) Riau meski jauh tertinggal dari tetangganya Unri menemppati peringkat ke-78. Sementara Universitas Islam Riau (UIR) berada diperingkat ke - 81 dan terakhir, Universitas Lancang Kuning (Unilak) berada diperingkat ke - 91.
 
Dengan demikian 4 Universitas di Riau berhasil masuk dalam 100 besar kampus terbaik se-Indonesia versi webometrics.
 
Sementara itu, untuk tingkat Asia Tenggara UI berada pada peringkat ke-13 dan di tingkat dunia berada pada peringkat ke-758.
 
Pemeringkatan Webometrics ini dilakukan oleh Cybermetric lab Spanyol kepada lebih dari 21 ribu perguruan tinggi di dunia. Penilaian dalam pemeringkatan tersebut didasarkan atas empat indikator penilaian, yang pertama merupakan presence, yaitu jumlah halaman website yang terekam pada mesin pencari Google. Indikator selanjutnya adalah impact, yang dilihat melalui jumlah eksternal link yang diterima oleh domain web perguruan tinggi yang terekam Google.
 
Selanjutnya adalah indikator openness yang merupakan jumlah file dokumen Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps, .eps), Microsoft Word (.doc,.docx) and Microsoft Powerpoint (.ppt, .pptx) yang dapat diakses serta terhubung dengan domain website universitas yang terekam oleh search engine (Google Scholar). (R05)

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
Loading...
IKLAN BARIS