Cegah Karhutla, BPBD Inhil Tempatkan Relawan di Daerah Rawan Karhutla

Cegah Karhutla, BPBD Inhil Tempatkan Relawan di Daerah Rawan Karhutla
Sekretaris BPBD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Annas
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) saat ini sedang berfokus pada pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Annas kepada riausky.com Rabu (3/2/2016).
 
"Pola penanggulangan dan pencegahan dilakukan melalui penempatan relawan di daerah-daerah sebagai upaya quick respons (cepat tanggap), memperkuat hubungan koordinatif dengan leading sector bencana yakni Badan SAR Nasional (Basarnas) Kantor SAR Kabupaten Inhil. Selain itu BPBD Inhil juga menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahan" ungkapnya.
 
Annas mengatakan bahwa kendala yang dihadapi dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan selama ini kurang tersosialisasinya peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang larangan pembakaran hutan dan lahan dalam batasan luas tertentu. 
 
"Kesulitan kami terdapat pada kurang tersosialisasinya aturan-aturan tentang larangan pembakaran hutan dan lahan. Ada batasan-batasan luas yang boleh dilakukan pembakaran dan itu diatur dalam peraturan perundang-undangan. Untuk itu, sebagai upaya pencegahan Karhutla kami juga akan menyelenggarakan sosialisasi tentang beberapa peraturan perundang-undangan tersebut. Mengenai waktu penyelenggaraan insya allah antara bulan Mei atau Juni," tandas Annas. (R17)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index