Cegah Kebocoran, Dewan Usulkan Sistem e-Parking Diterapkan di Mal-mal Pekanbaru

Cegah Kebocoran, Dewan Usulkan Sistem e-Parking Diterapkan di Mal-mal Pekanbaru
Roem Diani Dewi SE MM

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Tarif parkir yang ada di mal, kerap menimbulkan pertanyaan. Sebab, dengan tarif parkir yang mahal, potensi kebocoran sangat rawan. Hal itu dilihat dari pembayaran pajak yang dilakukan dengan sistem secure parking.

 
“Dari laporan triwulan pertama, pajak parkir tidak terpenuhi. Bila melihat keluar masuk kendaraan di mal, sampai membludak apalagi weekend, memenuhi badan jalan. Pertanyaannya, pajak parkir yang dibayarkan ini tidak sesuai dengan jumlah yang ada saat melakukan pembayaran pajak parkir, makanya kita yakin pasti ada kebocoran bila dilihat dari penerimaan parkir yang ada saat ini,” kata Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi SE MM, saat ditemui di ruangan Fraksi PPP PKS NasDem DPRD Kota Pekanbaru, Selasa (5/2).
 
Bila perusahaan menyangkal bahwa ada kerugian selama ini dengan sistem parkir yang diterapkan di mal-mal, pihaknya tidak setuju. Sebab, politisi dari PKS ini melihat cukup banyak potensi pengunjung setiap harinya.
 
“Mereka tidak akan merugi. Logikanya, kalau parkir sampai keluar di badan jalan, ruginya dari mana? Alasan perusahaan seperti misalnya membayar gaji karyawan dan lain sebagainya jelas alasan ini tidak masuk akal,” paparnya.
 
Pajak Parkir mal saat ini, tidak sebanding dari hasil studi banding Komisi II ke Surabaya, maka Komisi II memberi masukan agar penerapan parkir dibuat dengan sistem e-Parkir.
 
“Harusnya Dispenda memasukkan anggaran untuk e-parking yang ada di mal. Tujuannya ini untuk memudahkan agar memudahkan perputaran parkir perhari dan pengawasan kontrol bisa dilakukan dengan ketat,” jelasnya.
 
Menurutnya, berapa jumlah potensi retribusi dan pajak parkir yang diperoleh untuk mal yang ada saat ini masih menjadi tanda tanya dan tidak diketahui.
 
“Kita sama-sama tahu, pengunjung mal yang datang setiap hari tidak bisa terukur. Tidak bisa di rata-rata, untuk itu semua harus dilakukan dengan sistem online. e-parkir ini nantinya akan menghubungkan konektifitas antara mal dengan Dispenda Kota Pekanbaru dalam menerapkan sistem penarikan pajak,” pungkasnya. (R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index