Awas.. Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Kurangi Intensitas Keluar Rumah

Awas.. Cuaca Ekstrem, Masyarakat Diminta Kurangi Intensitas Keluar Rumah
ilustrasi internet
JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Pulau Sumatera beberapa hari kedepan akan menghadapi cuaca ekstrem. Hal ini doisampaikan Kepala Pusat Informasi Meteorologi Publik Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono R Prabowo.
 
Tak hanya Pulau Sumatera, namun masyarakat yang berada di pulau Sumatra kalimantan,Jawa, BALI dan Nusatenggara juga diminta wasa[ada terhadap cuaca ekstrem dan berbagai potensi merugikan akibat cuaca ekstrem tersebut. 
 
Mulyono R Prabowo mengatakan diperkirakan pada akhir pekan menjelang imlek 2016, beberapa wilayah Indonesia akan berpeluang terjadi hujan dengan intensitas lebat sehingga dapat mengganggu aktifitas warga yang hendak melakukan kegiatan di luar ruangan.
 
"Kondisi cuaca akan lebih variatif dimana hujan lebat juga akan terjadi di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Tinjauan kondisi dinamika atmosfer global saat ini dimana Monsoon dingin Asia menunjukkan pola angin baratan yang dominan yang menandakan musim hujan masih konsisten terjadi di wilayah Indonesia,"Ujar Mulyono R Prabowo.
 
Menurut BMKG Riau untuk di beberapa kabupaten kota di Provinsi Riau diperkirakan juga akan mengalami peningkatan curah hujan cenderung berpeluang terjadi pada pagi dan muncul kembali pada sore hari dengan intensitas bervariasi antara sedang-lebat.
 
"Kondisi hujan diperkirakan juga akan diiringi dengan peluang munculnya angin kencang, puting beliung, kilat/petir serta kejadian hujan es,"ungkapnya
 
Untuk itu pihaknya berharap agar masyarakat untuk berhati-hati dan mengurangi intensitas keluar ruangan dalam beberapa hari kedepan.
 
"Diimbau seluruh masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan oleh cuaca ekstrem baik sebagai gangguan sesaat seperti pohon tumbang yang dapat menghambat kelancaran transportasi, maupun juga potensi banjir, tanah longsor, dan banjir bandang akibat curah hujan tinggi,"tuturnya. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index